(SEA Games) Anthony Perkuat Tim Indonesia, Sektor Tunggal Putra Turunkan Kekuatan Penuh

Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim bulutangkis Indonesia terus mematangkan persiapan dan memantapkan strategi jelang perhelatan SEA Games 2019 di Manila, Filipina mulai 1 hingga 9 Desember mendatang. Setelah melewati berbagai macam pertimbangan, akhirnya sektor tunggal putra Indonesia memutuskan untuk menarik Anthony Sinisuka Ginting untuk memperkuat tim Merah Putih di ajang Multievent negara Asia Tenggara tersebut.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti pun kembali merombak susunan pemain yang diturunkan. Anthony masuk untuk menggantikan posisi Daniel Marthin yang sebelumnya hadir memperkuat tim inti untuk sektor ganda putra.

“Kita memang mengajukan perubahan nama dari Daniel diganti Anthony. Alasannya untuk memperkuat tim dan mengamankan medali di SEA Games, untuk memperkuat skuad tunggal putra. Karena dari sektor ganda, belum pasti bisa menyumbang dua poin,” kata Susy Susanti.

Di sektor tunggal putra, Anthony akan berjuang bersama Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik di nomor beregu. Namun Anthony dan Jonatan tidak akan turun di nomor perorangan karena harus mempersiapkan diri jelang BWF World Tour Finals 2019 di Guangzhou, Tiongkok pada 11 hingga 15 Desember mendatang.

“Anthony dan Jonatan akan bermain di nomor beregu saja. Karena persiapan pertandingan World Tour Final di Guangzhou,” tuturnya.

Tim beregu putra SEA Games 2019 akan diikuti tujuh negara. Indonesia mendapat bye di perempat final, dan langsung aman ke babak empat besar. Tim putra merah putih kemudian akan menunggu calon lawannya antara Thailand dan Kamboja.

Sementara untuk tim beregu putri SEA Games 2018, Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada pertandingan pertamanya di babak perempat final. Jika lolos, Indonesia akan berhadapan antara tim Singapura dan tuan rumah, Filipina.

Berikut nama atlet Indonesia yang turun di SEA Games 2019, yang berlangsung pada 1-9 Desember 2019 mendatang:

  • Tunggal Putra: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, Firman Abdul Kholik
  • Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, Ruselli Hartawan
  • Ganda Putra: Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, Ade Yusuf
  • Ganda Putri: Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Ni Ketut Mahadewi
  • Ganda Campuran: Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy, Pitha Haningtyas Mentari