Sejarah Mencatat Zheng/Huang Paling Sukses

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Djarum Badminton)
Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sepekan lalu di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sejumlah pemain mencatatkan sejarah baru. Semisal, seusai menjuarai Indonesia Masters 2024, pemain Denmark Anders Antonsen mengklaim Istora menjadi tempat lompatan dan menjadi saksi sejarah dalam kariernya. Sementara, Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong kini menjadi pemain paling sukses dalam sejarah turnamen bulu tangkis Indonesia Masters.

Unggulan teratas asal China itu memenangkan gelar juara kelima mereka di turnamen level BWF World Tour Super 500 tersebut, Minggu (28/1). Dengan penuh percaya diri, Zheng/Huang mengalahkan pasangan Jepang non-unggulan, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito, dengan skor 21-15 21-16 dalam waktu 31 menit.

Zheng kehilangan kata-kata seusai pertandingan, ketika disinggung mengenai pencapaian lima gelar juara Indonesia Masters. "Saya tidak dapat berkata-kata. Saya tahu kami telah memenangkan banyak hal di sini, tetapi saya tidak tahu bahwa kami sekarang menjadi yang paling sukses. Kami sangat senang, ini adalah tempat yang sangat berarti bagi kami," kata pemain berusia 26 tahun itu seperti diwartakan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melalui lamanya.

"Kami selalu mendapatkan hasil bagus di Istora. Para penggemar tidak pernah gagal untuk mendukung kami dan saya pikir mereka membawa keberuntungan bagi kami. Kami sangat menikmati bermain di arena ini. Para penggemar adalah salah satu alasan terpenting kami ingin terus kembali, meskipun kami cedera minggu lalu," jelas pemain yang memulai debutnya di kompetisi tersebut pada 2013 bersama He Jiaxin.

Zheng/Huang dalam kondisi tidak fit saat berlaga pada Malaysia Open dua pekan lalu. mereka memilih melewatkan India Open untuk mendapatkan kembali kesehatannya, sebelum terbang ke Jakarta. "Kami masih dalam masa pemulihan," ungkap Huang setelah mengamankan titel juara pertama di musim kompetisi tahun ini.

"Kami mungkin berada pada kondisi 80 persen. Namun, kami memberikan yang terbaik untuk menang hari ini," Huang, menambahkan.

BWF menyebutkan, mencetak rekor di turnamen bukan hal yang aneh bagi Zheng/Huang. Sebelumnya, Zheng/Huang dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon memiliki rekor yang sama, yakni empat gelar juara Indonesia Masters. Hingga akhir pekan lalu, Zheng/Huang tercatat sebagai pasangan paling sukses pada turnamen ini dengan lima gelar juara.

Zheng/Huang juga tercatat sebagai satu-satunya pasangan yang bersama-sama meraih lima gelar juara tersebut. Sementara, sebelum "Minions" meraih tiga titel kampiun bersama, Kevin pernah meraih satu gelar juara bersama Wahyu Nayaka pada 2016 dan Marcus bersama Markis Kido (2014).