Siasati Jadwal Ketat, Timnas Dibagi Dua

Tim putri Indonesia merayakan kemenangan pada BATC 2022 (Humas PP PBSI)
Tim putri Indonesia merayakan kemenangan pada BATC 2022 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | PP PBSI memutuskan membagi tim nasional (timnas) bulu tangkis Indonesia, dikarenakan jadwal yang berdekatan antara penyelenggaraan antara SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, dan Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand. Daftar nama-nama pemain di Piala Thomas & Uber 2022 akan diumumkan pada 22 April.

"Ya, betul (penyelenggaraan Piala Thomas & Uber 2022 hampir berbarengan dengan SEA Games 2021 --Red.). Maka kami memutuskan untuk membagi dua tim yang kekutannya merata. Tidak ada pemain yang sama akan turun di dua turnamen tersebut," jelas Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Jumat (1/4).

Rionny juga memastikan, tidak ada pemain yang sama ikut di dua ajang tersebut. "Ini agar persiapan para pemain berjalan lancar dan fokus," katanya.

"Semoga kita bisa meraih prestasi maksimal," Rionny, menambahkan.

Para pemain pelatnas bulu tangkis Indonesia baru saja merampungkan rangkaian turnamen di Eropa, mulai dari German Open 2022, All England 2022, serta Swiss Open 2022. Hingga akhir pekan ini, masih ada beberapa pemain muda pelatnas yang berlaga di Prancis pada Orleans Masters 2022.

Usai tur Eropa, sejumlah pemain yang tergabung dalam tim "Merah Putih" juga akan terbang ke Korea Selatan guna mengikuti Korea Open 2022, 5-10 April.

Sementara, perhelatan kejuaraan beregu Thomas dan Uber Cup 2022 dijadwalkan pada 8-15 Mei di Bangkok. Pada waktu hampir bersamaan, pesta olahraga negara-negara Asia tenggara SEA Games 2021 atau SEA Games XXXI berlangsung pada 12-23 Mei.