Singapore Open 2024 - Indonesia Tanpa Gelar di Singapura

Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia pulang tanpa gelar juara dari Singapura, setelah satu-satunya wakil "Merah Putih" pada partai final Singapore Open 2024, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, gagal memenangi turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750 tersebut. Mereka kalah dua gim 19-21, 14-21 dari He Ji Ting/Ren Xiang Yu asal China, dalam laga berdurasi 40 menit di Singapore Indoor Stadium, Singapura, Minggu (2/6) malam.

"Kami memang belum bisa juara, tapi kami tetap bersyukur bisa melaju ke final Singapore Open ini," tanggap Rian melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

Antara melaporkan, gim pertama berlangsung cukup alot bagi kedua pasangan yang terus-menerus memberikan tekanan satu sama lain pada pertemuan pertama mereka. Perolehan poin terpaut sengit antara Fajar/Rian dan He/Ren pada awal gim pembuka. Namun, pada akhirnya He/Ren yang meraih kemenangan gim pertama 21-19.

Gim kedua diawali oleh He/Ren yang terlihat semakin percaya diri dan segera meraih keunggulan 4-1 atas Fajar/Rian. He/Ren, yang tampil agresif terus memberikan tekanan sepanjang laga. Pasangan tirai bambu ini kian mendominasi dengan mengantongi enam match point. Pada akhirnya mereka membawa pulang gelar juara Singapore Open 2024 dengan skor akhir 21-14.

"Lawan bermain luar biasa, kami tidak bisa mengimbangi speed dan power mereka. Sebagai pasangan baru mereka bermain percaya diri dan nothing to lose," kata Rian.

"Selain itu servis mereka juga sangat baik, sangat tipis yang membuat kami kesulitan untuk membalikkannya. Bisa tapi kadang-kadang tanggung," Fajar, menimpali komentar pasangannya.

"Memang sangat disayangkan, di gim pertama saat kami sudah mengejar tapi tidak bisa mendapatkan satu poin lagi untuk memaksakan setting. Pertahanan mereka cukup rapat, beberapa kali kami gagal menembus oleh serangan kami," pungkasnya.

Dengan hasil ini, Fajar/Rian untuk kali pertama pada tahun ini meraih gelar runner-up.