(Singapore Open) Tiga Tunggal Putra Gugur di Kualifikasi

Shesar Hiren Rhustavito (Indonesia) menyambar pengembalian tanggung.
Shesar Hiren Rhustavito (Indonesia) menyambar pengembalian tanggung. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Indonesia harus kehilangan tiga wakilnya di sektor tunggal putra lewat Ihsan Maulana Mustofa, Shesar Hiren Rhustavito dan pebulutangkis senior, Sony Dwi Kuncoro yang gugur di babak kualifikasi Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500, Selasa (9/4). Bertanding di Singapore Indoor Stadium, baik Ihsan maupun Shesar, sama-sama dipaksa menyerah atas wakil Negeri Gajah Putih, Thailand. Sementara Sony kalah dari tunggal putra Jepang.

Sony memutuskan mundur di tengah pertandingan game ketiga saat kedudukan 21-19, 14-21 dan 3-4. Alhasil, tiket ke babak utamapun diserahkan kepada Yu Igarashi. Ihsan kalah 14-21 dan 10-21 atas Sitthikom Thammasin, sedangkan Shesar tumbang dalam pertarungan tiga game, 21-10, 16-21 dan 13-21 dari Tanongsak Saensomboonsuk.

Bagi Shesar, hasil kurang memuaskan ini menjadi kekalahan pertamanya atas Saensomboonsuk. Sebab, pada dua pertemuan sebelumnya di ajang Badminton Asia Championships 2013 dan Vietnam Open 2016 lalu.

“Tadi di game pertama saya sudah benar mainnya, dengan pola saya dan lawan juga kesulitan mengatasinya. Tapi di game kedua lawan merubah pola main, dan saya tidak bisa keluar dari tekanannya. Sampai di game ketiga juga masih begitu. Pelatih sudah memberi masukan untuk ubah pola main, tapi saya terlambat melakukannya,” jelas Shesar Hiren Rhustavito.

Dengan hilangnya Shesar, Ihsan dan Sony di ajang Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500 ini, artinya sektor tunggal putra Indonesia menyisakan tiga wakilnya di babak utama, yakni melalui Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto.