(Swiss Open) Rinov/Phita Cicipi Partai Puncak

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian.
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Satu tiket babak final Swiss Open 2019 BWF World Tour Super 300 berhasil diamankan pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lewat kemenangan 21-13, 19-21 dan 21-9 atas wakil Taiwan, Lu Ching Yao/Lee Chia Hsin pada pertandingan semifinal yang berlangsung di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Sabtu (16/3).

Pasangan juara dunia junior 2017 ini memperlihatkan permainan apik di game pertama. Namun, penampilan Rinov/Phita agak menurun di game kedua, yang membuat pertarungan harus dilanjutkan ke game ketiga. Di game penentu, permainan Rinov/Phita semakin tak terbendung. Mereka tampil begitu menguasai jalannya pertandingan dengan kemenangan telak 21-9.

“Dari awal kita yakin bisa menang, tadi di game pertama udah enak mainnya. Tapi di game kedua mereka ubah pola, kita tidak siap. Pada game ketiga kita lebih fokus, kalau kehilangan satu poin, harus siap dapat satu poin lagi dan seterusnya,” kata Pitha Haningtyas Mentari usai pertandingan.

Sementara itu, Rinov Rivaldy mengaku banyak melakukan kesalahan di game kedua yang otomatis membuat posisinya dirugikan. Namun, pebulutangkis asuhan PB Djarum Kudus ini bisa memperbaiki penampilan dan membayar kesalahannya di game ketiga.

“Di game kedua, lawan mengubah pola main, lebih berani main no lob, sedangkan kita banyak salah sendiri. Game ketiga kita lebih siap, terutama adu no lob nya, ambil pelajaran dari game kedua,” jelas Rinov.

Sukses mencicipi partai puncak Swiss Open 2019 BWF World Tour Super 300, Rinov/Phita akan berhadapan dengan pasangan ganda campuran asal Denmark, Mathias Bay-Smidt/Rikke Soby yang menang 20-22, 21-19 dan 23-21 atas wakil Tiongkok, Lu Kai/Chen Lu.

“Biasanya pasangan Eropa tipe mainnya mirip-mirip, mereka banyak main di taktik. Bagaimanapun juga besok kita punya kans untuk juara, peluangnya 50-50,” tutupnya.