Tembus Semifinal, Greysia/Apriyani Cetak Sejarah

Selebrasi ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (Foto: BADMINTONPHOTO - Shi Tang)
Selebrasi ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (Foto: BADMINTONPHOTO - Shi Tang)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses mencatatkan sejarah sebagai ganda putri Indonesia pertama yang berhasil menembus babak semifinal di ajang Olimpiade sejak 1992 silam. Pada tujuh edisi Olimpiade sebelumnya, pencapaian terbaik sektor ganda putri Indonesia adalah babak perempat final. Kali ini, Greysia/Apriyani berhasil meraih tiket ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan wakil Tiongkok, Du Yue/Li Yin Hui.

Setelah melalui pertarungan panjang selama 97 menit, ganda putri nomor satu Indonesia itu akhirnya berhasil memungkasi pertarungan dengan kemenangan 21-15, 20-22 dan 21-17 pada pertandingan yang berlangsung di Mushashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Kamis (29/7).

“Saya ingin emosional, tetapi saya memilih untuk tidak melakukannya karena kami masih memiliki pertandingan lain. Hari ini, kami bersyukur kepada Tuhan bahwa kami berada di semifinal dan saya pikir itu cara terbaik untuk memikirkannya. Pikiran kami harus fokus pada pertandingan berikutnya,” ungkap Greysia Polli usai bertanding.

“Semua kerja keras yang telah kami lakukan, semua kesabaran dan tidak hanya dengan kami, tetapi juga tim. Mereka telah menunggu untuk ini. Kami tahu, kami memiliki beban dan tekanan, tetapi kami tidak ingin untuk memikirkannya terlalu banyak, kami hanya ingin menikmatinya. Itu hal yang paling berpengaruh di pikiran kami,” sambungnya menambahkan.

Bukan cuma mencatatkan sejarah dan lolos ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020, hasil manis ini juga sekaligus membuat Greysia/Apriyani unggul dalam rekor pertemuan dengan Du/Li menjadi 4-3.

Selanjutnya, di babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020, ganda putri nomor enam dunia itu akan berhadapan dengan unggulan keempat asal Korea, Lee Sohee/Shin Seungchan yang berhasil memetik kemenangan 21-8 dan 21-17 atas wakil Belanda, Selena Piek/Cheryl Seinen.

Ini akan menjadi pertemuan kedelapan buat Greysia/Apriyani dan Lee/Shin. Sejauh ini, Greysia/Apriyani tercatat unggul 5-2 dalam rekor head to head. Bahkan pada pertemuan terakhir kedua pasangan di ajang BWF World Tour Finals 2020 Bangkok, Januari 2020 lalu, Greysia/Apriyani berhasil meraih kemenangan dengan skor 21-17, 22-24 dan 21-15.