Uber Cup 2024 - Indonesia Hadapi Thailand di Perempat Final

Lanny Tria Mayasari (Humas PP PBSI)
Lanny Tria Mayasari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia gagal merebut posisi juara Grup C Piala Uber 2024 setelah kalah dari Jepang di fase grup pada Rabu (1/5). Dengan hasil tersebut, Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan akan berhadapan dengan juara Grup D, Thailand, di perempat final kejuaraan beregu yang digelar di Hi Tech Zone Sports Centre, Chengdu, Shichuan, China, tersebut.

Dalam laga terakhir fase grup, dua kemenangan Indonesia diraih oleh Gregoria dan Komang Ayu Cahya Dewi. Sementara, Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose, gagal meredam perlawanan para pemain asal negeri sakura tersebut.

Meski gagal merebut status juara grup, manajer tim Indonesia Ricky Soebagdja mengapresiasi perjuangan para srikandi bulu tangkis "Merah Putih". "Saya berterima kasih kepada tim Uber Indonesia atas penampilannya hari ini. Dengan apa yang ditampilkan, sungguh luar biasa," katanya kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Gregoria berhasil kalahkan Akane. Ester juga hampir saja menang. Ganda pertama Lanny/Fadia, ganda kedua Rachel/Trias, termasuk juga tunggal ketiga Komang, mengeluarkan sesuatu yang maksimal," tambah peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 ini.

Performa para pemain Indonesia pada Piala Uber 2024 ini, lanjutnya, dapat dijadikan pelajaran dan pengalaman, terlebih kepada para pemain muda agar kepercayaan diri mereka semakin meningkat. "Kita bisa memberi perlawanan ketat kepada Jepang," pujinya.

Ricky menaruh harapan besar agar performa positif dari tim putri Indonesia dapat berlanjut di babak berikutnya saat berhadapan dengan Thailand. "Ini harus dijaga bahwa kemampuan terbaik mereka bisa keluar di babak perempat final. Kita akan bertemu Thailand berdasarkan hasil undian, siapa pun itu di babak perempat final levelnya sudah sama jadi harus lebih siap," ujarnya.

"Harapan besar ada peluang untuk melaju ke babak semifinal, mari dukung dan doakan bersama. Karena belum tahu kapan akan main, bisa besok atau lusa tapi tim Uber akan mempersiapkan lebih baik lagi," demikian Ricky.

Berikut hasil pertandingan Grup C antara Jepang dan Indonesia:

  • Akane Yamaguchi vs. Gregoria Mariska Tunjung 21-17, 17-21, 13-21
  • Nami Matsuyama/Chiharu Shida vs. Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhanti 21-9, 20-22, 21-16
  • Aya Ohori vs. Ester Nurumi Tri Wardoyo 14-21, 22-20, 21-18
  • Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto vs. Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose 21-9, 21-15
  • Tomoka Miyazaki vs. Komang Ayu Cahya Dewi 12-21, 21-14, 13-21