Untuk Kali Pertama, Loh Kean Yew Tembus 10 Besar Dunia

Loh Kean Yew (Badminton Asia)
Loh Kean Yew (Badminton Asia)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Loh Kean Yew untuk kali pertama menembus 10 besar peringkat dunia! Juara Dunia 2021 ini menempati peringkat 9 dalam daftar peringkat pemain tunggal putra yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Selasa (22/2), atau langsung naik tiga peringkat setelah memimpin tim putra Singapura meraih medali perunggu bersama pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2022 di Selangor, Malaysia, Minggu (20/2).

Yahoo! News Singapore melaporkan, dari empat laga BATC 2022 yang dimainkan, atlet berusia 24 tahun tersebut mengalami satu kali kekalahan, yakni dari pebulu tangkis Malaysia yang berada di peringkat 7 dunia, Lee Zii Jia. Meski demikian, Singapura berhasil melaju hingga babak semfinal sebelum dikalahkan Indonesia dengan skor 3-2.

Dengan hasil tersebut, regu putra bulu tangkis "Negeri Singa" berhak tampil di Piala Thomas pada Mei 2022.

Loh meraup 7,106 peringkat poin usai kejuaraan dua tahunan itu, sekaligus melampaui Ng Ka Long Angus dari India, Kidambi Srikanth (India) dan Rasmus Gemke (Denmark). Kini, atlet Singapura kelahiran Penang, Malaysia tersebut berperingkat 9 dunia dengan perolehan 70,506 points. Sementara, Jonatan Christie asal Indonesia berada di peringkat 8 (77,647 poin).

Pencapaian Loh menembus 10 besar dunia tunggal putra untuk kali pertama, juga tercatat sebagai yang pertama bagi atlet bulu tangkis Singapura, sejak Ronald Susilo yang sukses meraih peringkat 6 dunia pada 2004.

Sejak Oktober 2022 --kala itu peringkat 44 dunia--, karier Loh semakin melesat. Usai menjuarai Dutch Open dan Hylo Open di Jerman, nama Loh kian melambung di kancah bulu tangkis dunia setelah keluar sebagai pemenang Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol, pada Desember 2022.

Sementara, Viktor Axelses (Denmark) tetap bertahan di puncak peringkat dunia, diikuti Kento Momota (Jepang) pada peringkat kedua. Pebulu tangkis Denmark lainnya, Anders Antonsen, melengkapi tiga besar peringkat dunia tunggal putra.