(Vietnam International Challenge) All Indonesia Finals di Tunggal Putra

Chico Aura Dwi Wardoyo (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Chico Aura Dwi Wardoyo (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Babak final Vietnam International Challenge 2019 akan mempertandingkan All Indonesia Finals di sektor tunggal putra yang mempertemukan Chico Aura Dwi Wardoyo dan Firman Abdul Kholik. Chico berhasil merebut tiket ke partai puncak usai memenangi perang saudara kontra Krishna Adi Nugraha, dengan skor 21-12 dan 21-18. Sedangkan Firman menang 21-12 dan 21-16 atas wakil Jepang, Kodai Naraoka di babak semifinal yang berlangsung di Tay Ho District Stadium, Sabtu (13/4).

Di partai final Vietnam International Challenge 2019 ini, akan menjadi perjumpaan kedua bagi Chico dan Firman. Berdasarkan catatan head to head, untuk sementara Firman unggul 1-0 atas tunggal putra asuhan PB Exist Jakarta itu.

Terakhir kali keduanya saling bentrok terjadi pada ajang Bangka Belitung Indonesia Masters 2019 BWF Tour Super 100, September lalu. Saat itu, Firman menang dalam pertarungan ketat tiga game dengan skor akhir 19-21, 21-19 dan 21-18.

Dengan akan saling bertemunya Chico dan Firman di partai pamungkas, maka dapat dipastikan satu gelar juara Vietnam International Challenge 2019 menjadi milik Indonesia. Bahkan tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa kembali meraih gelar juara melalui sektor ganda putra dan ganda putri, bila Kenas Adi Haryanto/Rian Agung Saputro dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah sukses memenangi partai puncak nanti.

Sementara itu, Indonesia harus kehilangan wakilnya di sektor tunggal putri setelah Dinar Dyah Ayustine dipaksa menyerah dalam pertarungan sengit straight game. Dinar kalah 27-29 dan 19-21 atas wakil Negeri Sakura Jepang, Hirari Mizui dalam kurun waktu 56 menit.

Mizui yang berangkat dari babak kualifikasi, tapi mengejutkan dengan lolos ke partai puncak Vietnam International Challenge 2019, mengalahkan Dinar yang merupakan unggulan pertama pada kejuaraan kali ini.

Selain tunggal putri, sektor ganda campuran Indonesia juga batal mengirimkan wakilnya ke babak final Vietnam International Challenge 2019 setelah Daniel Marthin/Nita Violina Marwah tumbang 15-21, 21-18 dan 22-24 atas pasangan Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito.