WJC 2024 - Menguji Kedalaman Skuad Muda "Merah Putih"

Tim Indonesia pada WJC 2024 (Humas PP PBSI)
Tim Indonesia pada WJC 2024 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kota Nanchang di China menjadi tujuan tim junior Indonesia untuk memburu prestasi tertinggi level junior, yaitu Kejuaraan Dunia Junior (World Junior Championship/WJC) 2024 yang bakal dihelat mulai pekan depan. Piala Suhandinata membuka rangkaian turnamen bulu tangkis ini pada 30 September hingga 5 Oktober. Lalu berlanjut dengan nomor perorangan pada 7-13 Oktober.

Berkekuatan 10 orang atlet putra dan 10 orang atlet putri ditambah delapan atlet yang akan turun di perorangan plus tim pendukung, "Merah Putih" muda bertolak ke negeri "Tirai Bambu" pada Jumat (27/9) pagi dengan maskapai China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ388 via Guangzhou.

"Secara kesiapan dan kekompakan saya rasa tim ini sudah siap bertanding. Dari simulasi hari Rabu kemarin bisa terlihat semangat, performa dan daya juang tinggi mereka," kata Muhammad Rijal, pelatih ganda campuran.

"Terkhusus di ganda campuran, kami sudah mempersiapkan diri selama kurang lebih tiga bulan. Serangkaian latihan dari teknik, fisik dan segi kesehatan semua kami jaga dengan bagus. Mudah-mudahan mereka bisa memberikan yang terbaik dan mendapat hasil yang terbaik juga," sambung Rijal.

Sementara, ganda putra Wahyu Agung Prasetyo/Dexter Farrell menyataka persiapan mereka sudah cukup baik. "Dengan perubahan format skor yang jadi lebih pendek kami harus langsung fokus dengan poin per poinnya. Mengurangi mati-mati sendiri," ungkap Tyo, sapaan akrab Wahyu Agung Prasetyo.

"Kami pastinya mau selalu memberikan yang terbaik untuk tim. Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk menyumbang poin," timpal Dexter.

Senada dengan Wahyu/Dexter, ganda putri Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine juga menyebut sudah siap melakoni laga demi laga Kejuaraan Dunia Junior. "Persiapan kami cukup baik dengan beberapa turnamen yang sempat kami ikuti sebelumnya. Dari sisi teknik dan mental sudah terasah. Jadi tinggal nanti bagaimana saat pertandingannya," sahut Isyana.

"Dengan skor 11 ini kami harus benar-benar siap secara mental dan fokus. Dari awal harus menyerang istilahnya. Harapan kami pastinya ingin membawa tim Indonesia juara," kata Rinjani.

Berikut Skuad Indonesia di Piala Suhandinata 2024:

Putra
1. Bismo Raya Oktora
2. Moh. Zaki Ubadillah
3. Hendry Leander
4. Richie Duta Richardo
5. Dexter Farrell
6. Wahyu Agung Prasetyo
7. Anselmus Breagit Fredy Prasetya
8. Pulung Ramadhan
9. Darren Aurelius
10. Taufik Aderya

Putri
1. Mutiara Ayu Puspitasari
2. Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi
3. Kavitha Nadjwa Aulia
4. Sausan Dwi Ramadhani
5. Isyana Syahira Meida
6. Rinjani Kwinara Nastine
7. Riska Anggraini
8. Salsabila Zahra Aulia
9. Bernadine Anindya Wardana
10. Clairine Yustin Mulia