(World Championships) Persiapan Matang, Tunggal Putra Fokus ke Semifinal

Selebrasi Jonatan Christie (Indonesia).
Selebrasi Jonatan Christie (Indonesia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting terus memaksimalkan sisa waktu yang ada untuk memantapkan persiapan jelang World Championships 2019 yang akan berlangsung St. Jakobshalle Basel, Swiss pada 19 hingga 25 Agustus mendatang. Kepala pelatih tunggal putra Indonesia, Hendry Saputra menargetkan salah satu anak asuhannya itu untuk mengamankan satu tempat di babak semifinal.

Berdasarkan hasil undian, Jonatan dan Anthony sama-sama berada di bagan bagian atas. Bila tak ada kendala dan berjalan mulus, dua tunggal putra andalan Indonesia ini akan berjumpa di babak delapan besar. Dan apabila terealisasi, maka satu wakil Merah Putih akan mengisi satu tempat di semifinal World Championships 2019.

Kalau lihat dari drawingnya memungkinkan untuk ke semifinal. Jadi saya lebih fokus ke semifinal dulu. Keinginan untuk ke final dan juara tentunya ada dan saya harus optimis. Tapi saya ingin fokus ke semifinal dulu. Karena kalau mereka lancar, akan bertemu di perempat final,” kata Hendry Saputra.

Di babak pertama World Championships 2019 nanti, Jonatan yang merupakan tunggal putra peringkat empat dunia akan berhadapan dengan wakil Inggris, Rajiv Ouseph. Sedangkan Anthony akan berjumpa Georges Julien Paul dari Mauritius.

Demi mencapai target awal yang diharapkan, Hendry telah membekali Jonatan dan Anthony dengan beberapa program latihan selama dua pekan terakhir. “Kita sudah bersiap menghadapi kejuaraan ini. Kemarin selama dua minggu mereka sudah dipersiapkan. Sudah oke, cukup bagus persiapannya. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan nanti lancar di sana,” tuturnya.

“Persiapan mereka lebih ke teknik dan melatih supaya tidak mudah mati sendiri. Mati sendiri itu kan awalnya mungkin feelingnya yang kurang pas, atau pengambilan keputusan yang kurang pas, hal itu yang perlu dilatih lagi. Sampai penggunaan pengambilan keputusannya lebih baik. Selain itu mereka juga harus memahami pentingnya fokus di lapangan. Asalnya fokus itu kan dari pikiran. Bagaimana mereka menanggapi pertandingan atau permainan ini. Kalau mereka sudah pernah juara, seharusnya sudah tahu bagaimana mengelola fokus. Asal mereka semangat dan optimis, saya rasa mereka bisa fokus dengan baik,” jelasnya.

Tidak hanya mempersiapkan teknik, Hendry juga tak luput membekali Jonatan dan Anthony dengan persiapan fisik dan stamina. Hendry berharap jika anak asuhnya ini bisa lebih lebih tahan dan ulet dalam menghadapi kesulitan serta tekanan di lapangan.

Sementara itu, selain Jonatan dan Anthony, sektor tunggal putra Indonesia juga akan diperkuat pebulutangkis profesional, Tommy Sugiarto. Tommy akan berhadapan dengan wakil Sri Lanka, Niluka Karunaratne di babak pertama World Championships 2019 nanti.