(World Junior Championships 2016) Peta Kekuatan Indonesia di Nomor Individu

Tim Indonesia
Tim Indonesia Muda Mengaku Siap Berjuang di Nomor Individu pada Ajang World Junior Championships 2016 (foto: badmintonindonesia.org)
Internasional ‐ Created by RR

Bilbao - Perjuangan punggawa dan srikandi muda Indonesia pada ajang World Junior Championships 2016 masih akan terus berlanjut. Tim Merah Putih akan berjuangan memperebutkan gelar juara di nomor individu atau Eye-Level Cups yang akan mulai bergulir mulai besok, Selasa (8/11) hingga hari Minggu mendatang (13/11).

Tim Indonesia sendiri harus puas berada di peringkat kelima untuk nomor beregu campuran, usai ditaklukkan oleh Malaysia di babak perempat final pada Jum’at (4/11) lalu, dan berhasil mengalahkan India dan Taipei untuk merebut peringkat kelima. Hal tersebut mungkin diluar harapan, karena di tiga edisi World Junior Championships terakhir, Indonesia muda selalu mampu menembus partai puncak.

Pada Eye-Level Cups 2016, kekuatan tim Merah Putih sebetulnya layak untuk diperhitungkan. Namun, masih ada beberapa sektor yang punya titik kelemahan. Berkaca dari pertandingan-pertandingan di nomor beregu campuran kemarin, tunggal putra nampaknya menjadi sorotan utama dan masih harus diperbaiki lagi. Sementara untuk nomor tunggal putri, hanya tinggal memantapkan saja kekuatan yang ada.

Manager tim Indonesia, Fung Permadi mengaku anak-anak asuhnya dalam kondisi prima dan siap tampil. Menurut Fung, perubahan cuaca yang dingin menjadi salah satu faktor yang harus diwaspadai oleh tim. Selain faktor cuaca, persaingan di nomor individu diprediksi akan berjalan ketat. Tiongkok dan Malaysia mungkin masih akan menjadi ancaman serius bagi tim Indonesia. Tiongkok yang berhasil meraih gelar juara di nomor beregu campuran usai menaklukkan Malaysia di partai puncak tersebut, harus diwaspadai oleh tim Indonesia. Mereka berhasil melalui seluruh partai nomor beregu campuran tanpa mengalami kekalahan.

Berbicara tentang peta kekuatan, Tiongkok memiliki kekuatan yang merata di semua nomor. Mereka sukses mengalahkan tim kuat Jepang di babak semifinal nomor beregu campuran dengan skor 3-0 tanpa perlawanan. Chen Yufei masih akan menjadi andalan Tiongkok sekaligus momok menakutkan lawan-lawannya di tunggal putri. Sementara di nomor tunggal putra Tiongkok, nama Sun Feixiang nampaknya masih akan sangat diandalkan. Pada nomor ganda sendiri, Tiongkok memiliki beberapa pasangan yang harus diwaspadai, seperti Han Chengkai/Zhou Haodong di ganda putra, Du Yue/Xu Ya di ganda putri dan He Jiting/Du Yue di nomor ganda campuran.

Dengan sedikit evaluasi dari hasil pertandingan-pertandingan sebelumya, bukan mustahil Indonesia mampu bersaing dan meraih gelar juara di nomor individu kali ini. Selamat berjuang, Indonesia Muda!

 

Daftar pemain Indonesia di nomor Individu:

 

Tunggal Putra:

1. Chico Aura Dwi Wardoyo [14]

2. Ramadhani Muhammad Zulkifli

3. Gatjra Piliang Fiqillahi Cupu

4. Ade Resky Dwicahyo

Tunggal Putri:

1. Gregoria Mariska [7]

2. Gabriela Meilani Moningka

3. Desandha Vegarani Putri

4. Aurum Oktavia Winata

Ganda Putra:

1. Andika Ramadiansyah/Rinov Rivaldy [7]

2. Muhammad Fachrikar/Bagas Maulana [11]

3. Rizki Adam/Calvin Kristanto

Ganda Putri:

1. Mychelle Crhystine Bandaso/Serena Kani [6]

2. Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto [8]

3. Tania Oktaviani Kusumah/Apriani Rahayu [10]

Ganda Campuran:

1. Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu [2]

2. Amri Syahnawi/Vania Arianti Sukoco [9]

3. Andika Ramadiansyah/Angelica Wiratama [12]

4. Alfandy Rizky Kasturo/Yulfira Barkah