(World Junior Championships) Jawara Grup

Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti menghadang serangan.
Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Toronto | Tim beregu junior Indonesia keluar sebagai jawara di Grup H BWF World Junior Championships 2018 dengan mengoleksi empat kemenangan. Bukan cuma itu, skuad Garuda Muda bahkan selalu menyapu bersih setiap laga dengan kemenangan 5-0 dan memenangi duel di tiap partainya dengan straight game. Inggris menjadi korban terakhir keganasan pasukan Indonesia muda di laga pamungkas penyisihan grup, saat bertanding di Markham Pan Am Center, Ontario, Kamis (8/11).

Dengan kemenangan sempurna ini, Indonesia memastikan langkah ke babak perempat final BWF World Junior Championships 2018. Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang turun di partai kelima, lagi-lagi berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik. Agatha/Fadia kembali menyumbang poin terakhir yang sekaligus menyempurnakan kemenangan 5-0 bagi pasukan Merah Putih usai mengalahkan Molly Chapman/Annie Lado dengan skor 21-12 dan 21-10.

Sementara itu, nomor ganda campuran yang diwakili Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti pada partai pembuka, harus mendapat perlawanan yang cukup kuat dari pasangan Rory Easton/Hope Warner, khususnya pada game kedua. Meski begitu, pasangan besutan PB Djarum Kudus ini mampu menyudahi perlawanan Rory/Hope dengan kemenangan 21-14 dan 22-20.

“Tadi sebenarnya kita sudah bisa mengatasi mereka. Tapi di game kedua kita sempat terbawa permainan mereka. Untungnya di poin-poin kritis mereka banyak melakukan kesalahan sendiri. Kelebihan mereka adalah hapalannya bagus, artinya koordinasi satu sama lain bagus, jadi kita harus lebih bisa membaca hal itu,” kata Siti Fadia.

Meski menang, Rehan Naufal Kusharjanto akan tetap mengevaluasi penampilannya hari ini. Sebab, ia berharap bisa tampil lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya, apalagi sudah di babak perempat final. “Kecepatan kaki harus lebih kita perhatikan lagi, sama fokusnya dulu diperbaiki lagi,” tandasnya.

 

Hasil Pertandingan Grup H BWF World Junior Championships 2018

Indonesia 5 – 0 Inggris

  • (Ganda Campuran) Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Rory Easton/Hope Warner: 2114, 22-20
  • (Tunggal Putra) Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Harry Huang: 2115, 21-18
  • (Ganda Putra) Ghifari Anandaffa Prihardika/Pramudya Kusumardana Riyanto vs Rory Easton/Zach Russ: 2117, 21-13
  • (Tunggal Putri) Putri Kusuma Wardani vs Freya Redfearn: 2114, 21-7
  • (Ganda Putri) Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Molly Chapman/Annie Lado: 2112, 21-10