(World Junior Championships) Lalui Laga Sengit, Leo/Indah ke Final

Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil (Indonesia) menghadang serangan.
Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil (Indonesia) menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Satu tempat di babak final World Junior Championships 2019 berhasil diamankan pasangan Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil setelah melalui laga sengit kontra ganda campuran Tiongkok, Jiang Zhen Bang/Li Yi Jing dalam waktu 70 menit. Bertanding di Kazan Gymnastic Center, Rusia, Sabtu (12/10), Leo/Indah menang 23-21, 12-21 dan 21-19 atas Jiang/Li.

Meski menang dan memastikan langkah ke partai puncak World Junior Championships 2019, namun Leo/Indah terlihat cukup kerepotan meladeni permainan Jiang/Li. Seperti pada game pertama misalnya. Saat unggul jauh 19-10, Leo/Indah belum berhasil menyelesaikan permainannya. Ganda campuran unggulan teratas ini justru harus kehilangan tujuh poin beruntun. Bahkan kemenangan pun harus didapat Leo/Indah lewat drama adu setting setelah Jiang/Li sebelumnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 20-20.

Pada game kedua, penampilan Leo/Indah cenderung merosot. Pemegang tahta juara bertahan ini kalah jauh karena banyak melakukan kesalahan sendiri. Alhasil, pertarungan pun harus dilanjutkan hingga game ketiga. Kita terbawa irama main lawan, mereka tegang, kita juga jadi ikut tegang, jadi buru-buru, kata Leo Rolly Carnando usai bertanding.

Memasuki game penentu, pertarungan ketat pun langsung tersaji sedari awal hingga akhir laga. Bahkan Leo/Indah harus lebih dulu tertinggal 17-19 hingga akhirnya mampu mendulang empat poin beruntun untuk memenangkan permainan sekaligus melangkah ke babak final World Junior Championships 2019.

“Tadi coba untuk fokus terus mainnya, karena mainnya lagi nggak enak banget, coba cari feeling-nya lagi. Kita juga coba memperlambat tempo permainan. kunci utama kemenangan kita hari ini adalah sabar, jangan buru-buru mematikan lawan, ujar Indah Cahya Sari Jamil.

“Mereka sempat ketemu kita sebelumnya dan kita menang straight game, jadi mereka lebih siap dan sudah mempelajari permainan kita, seperti mengerti permainan kita, lanjutnya menambahkan.

Dengan hasil ini, maka Leo/Indah hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk bisa mempertahankan gelar juara dunia yang sukses direbutnya pada tahun lalu di Toronto, Kanada. Tapi sebelum itu, Leo/Indah mesti berhadapan dengan ganda campuran Tiongkok, Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling di babak final World Junior Championships 2019, besok (13/10).

“Kita sudah sering ketemu, besok harus lebih yakin, jangan ragu-ragu. Pemain Tiongkok kurang lebih sama tipe mainnya. Servisnya tipis dan pembukaannya bagus-bagus, tutupnya.