(World Junior Championships) Tembus Semifinal

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mengembalikan shuttlecock.
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Toronto | Tiket ke Semifinal BWF World Junior Championships 2018 akhirnya berhasil diamankan tim beregu junior Indonesia usai memupuskan harapan Denmark dengan kemenangan telak 3-0 pada pertandingan yang berlangsung di Markham Pan Am Center, Ontario, Jumat (9/11). Dengan hasil ini, lantas membuat Indonesia mencapai target pertamanya, yakni menembus semifinal.

Pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang turun di partai ketiga, sukses memerankan tugasnya dengan sangat baik sekaligus menjadi penentu kemenangan bagi skuad Garuda Muda. Leo/Daniel yang tampil begitu percaya diri, menang dua game langsung, 21-14 dan 21-14, atas Rasmus Esperen/Sebastian Gronbjerg.

Kontrol dan ritme permainan sudah langsung diambil alih Leo/Daniel sejak game pertama dimulai. Butuh waktu 32 menit bagi pasangan ganda putra asuhan PB Djarum Kudus ini untuk membungkus kemenangan yang sekaligus mengantar Indonesia ke babak semifinal BWF World Junior Championships 2018. “Lawan tadi, mereka no lobnya bagus. Susah-susah gampang lah kalau tadi. Tapi intinya tadi percaya diri aja pas di lapangan, yang penting yakin, kan main beregu, jadi kekuatannya berasa lebih,” kata Daniel.

Sementara itu, poin pertama bagi Indonesia disumbangkan pasangan ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Turun di partai pembuka, Rehan/Fadia dipaksa bermain tiga game sebelum akhirnya menang 21-12, 20-22 dan 21-17 atas Daniel Lundgaard/Amalie Magelund. “Mereka lumayan rapat juga mainnya. Nomor satunya Denmark kan. Tahun lalu di WJC juga mereka delapan besar,” ujar Fadia.

Berbeda dengan Fadia, Rehan Naufal justru semakin terpacu semangatnya setelah dipaksa bermain tiga game pada partai pembuka babak perempat final, tadi. Menurut Rehan, kehilangan kemenangan di game kedua, menjadi sebuah pelajaran untuk kedepannya lebih baik lagi. “Tapi ada bagusnya kami hari ini susah menangnya, jadi memicu kami buat lebih bagus dan lebih fokus lagi di pertandingan berikutnya. Karena lawankan juga semakin berat,” ungkap Rehan.

Setelah itu, partai kedua yang memainkan tunggal putra lewat Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, pun berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik. Ikhsan mempersembahkan poin kedua buat tim Indonesia setelah menang 21-13 dan 21-11 atas Magnus Johannesen.

Dengan kemenangan ini, Indonesia yang berhasil melaju ke babak semifinal BWF World Junior Championships 2018, akan berhadapan dengan pasukan muda Negeri Ginseng, Korea. Korea sendiri memperoleh tiket ke semifinal lewat kemenangan 3-1 dari India.

 

Hasil Pertandingan Babak 8 Besar BWF World Junior Championships 2018:

Indonesia 3 – 0 Denmark

  • (Ganda Campuran) Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Daniel Lundgaard/Amalie Magelund: 2112, 20-22, 21-17
  • (Tunggal Putra) Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Magnus Johannesen: 2113, 21-11
  • (Ganda Putra) Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Rasmus Esperen/Sebastian Gronbjerg: 2114, 21-14
  • (Tunggal Putri) Putri Kusuma Wardani vs Line Christophersen – Tidak Bermain
  • (Ganda Putri) Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma vs Amalie Magelund/Freja Ravn – Tidak Bermain