(World Tour Finals) Masih yang Terbaik

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kembali dinobatkan sebagai BWF Male Player of The Year.
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kembali dinobatkan sebagai BWF Male Player of The Year. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Guangzhou | Penampilan fantastis Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sepanjang 2018 dengan raihan delapan gelar juara World Tour dan satu medali emas Asian Games 2018, membuat pasangan ganda putra nomor satu dunia ini kembali dinobatkan sebagai BWF Male Player of The Year. Penghargaan ini diterima Kevin/Marcus untuk kedua kalinya dalam kategori yang sama seperti tahun lalu. Artinya, Kevin/Marcus masih menjadi yang terbaik sepanjang 2017 dan 2018.

The Minions mengalahkan nominator lainnya seperti tunggal putra Jepang, Kento Momota dan wakil Tiongkok, Zheng Siwei dalam perebutan gelar BWF Male Player of The Year 2018. Kita tidak menyangka bisa menang lagi tahun ini, karena persaingannya ketat. Ada Zheng Siwei juga yang sering juara, kata Kevin Sanjaya usai acara penyerahan penghargaan di LN Garden Hotel, Guangzhou, Tiongkok.

Menurut Kevin, medali emas Asian Games 2018, Agustus lalu menjadi momen dan pencapaian terbaiknya sepanjang tahun ini. Momen yang paling tidak terlupakan dari capaian di 2018 adalah Asian Games 2018. Saat itu kita hampir kalah, tapi kita bisa bangkit dan akhirnya menang. Itu adalah momen yang tidak bisa dilupakan,” ungkap pebulutangkis asuhan PB Djarum Kudus ini.

Sementara bagi Marcus, penghargaan BWF Male Player of The Year yang didapatnya dua tahun berturut-turut ini dijadikannya sebagai motivasi agar bisa tampil lebih baik lagi kedepannya. “Kita merasa masih banyak yang harus dikejar, kita tidak mau cepat puas. Saat ini kita merasa bisa nikmati semua karena kita melakukan sesuatu yang kita sukai. Ke depannya, kita harus lebih berprestasi dan tampilkan yang terbaik,” tegas Marcus.

Indonesia berhasil memboyong dua gelar penghargaan dalam acara BWF Player of The Year Awards kali ini. Selain Kevin/Marcus yang kembali menyandang gelar BWF Male Player of The Year, nama Leani Ratri Oktila dinobatkan sebagai Female Para-badminton Player of The Year 2018. Leani merupakan peraih dua medali emas Asian Para Games 2018 di nomor ganda putri SL3-SU5 dan ganda campuran SL3-SU5.

“Nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata, nggak nyangka bisa sejauh ini pencapaiannya. Pasti ini memacu semangat teman-teman semua. Untuk saya sendiri, saya tidak mau lengah dengan hasil ini, latihannya harus lebih semangat dan lebih fokus ke olimpiade,” kata Leani.

 

Berikut daftar pemenang BWF Player of The Year Awards 2018:

  • Male Player of The Year: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia)
  • Female Player of The Year: Huang Yaqiong (Tiongkok)
  • Eddy Choong Most Promising Player of The Year: Han Chengkai/Zhou Haodong (Tiongkok)
  • Male Parabadminton Player of The Year: Jack Shephard (Inggris)
  • Female Parabadminton of The Year: Leani Ratri Oktila (Indonesia)
  • Most Improve Player of The Year: Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang)
  • Male Best Dress: Shi Yuqi (Tiongkok)
  • Female Best Dress: PV Sindhu (India)