Audisi Umum PB Djarum 2022 - Penilaian Ketat Bakal Diterapkan

Yuni Kartika, Siti Fadia Silva Ramadhanti, & Sigit Budiarto (Dok. PB Djarum)
Yuni Kartika, Siti Fadia Silva Ramadhanti, & Sigit Budiarto (Dok. PB Djarum)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ketua Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum Sigit Budiarto menyatakan, Audisi Umum tahun ini akan mencari bibit pebulu tangkis berkarakter yang memiliki bakat dan teknik mumpuni ditopang dengan semangat juang serta mental yang kokoh. Berbagai elemen penilaian yang ketat akan diterapkan demi menemukan bibit berkualitas sesuai kriteria yang ditentukan PB Djarum.

"Untuk itu, elemen penilaian akan kami buat lebih ketat dari sebelumnya. Tahun ini kami menerapkan proses screening dua kali, yaitu main lima menit dan main 10 menit dengan tujuan agar bisa lebih mengetahui kualitas si atlet. Setelah itu, proses seleksi berlanjut ke tahap turnamen," kata Sigit, melalui siaran pers PB Djarum, Rabu (10/8).

"Mereka yang menjadi finalis di babak turnamen akan lanjut ke fase karantina," juara dunia pada sektor ganda putra 1997 tersebut, menambahkan.

Elemen penilaian pembeda lainnya dalam Audisi Umum tahun ini, yakni diperpanjangnya durasi karantina dari yang semula satu minggu menjadi tiga minggu. Selama rentan waktu tersebut, calon atlet PB Djarum akan dinilai melalui dua aspek yakni fisik dan psikis guna mengukur kemampuan emosional, motivasi maupun daya juang, serta tingkat kematangan atlet saat betanding.