BrightUp Cup 2022 - Jojo Juara, Ginting Runner-up

Anthony Sinisuka Ginting & Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting & Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Jelang BWF World Tour Finals 2022, PP PBSI menggelar BrightUp Cup 2022 di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, 10-11 November. Mini turnamen untuk sektor tunggal putra dan ganda putra dengan sistem poin menggunakan rally point 1x25, mulai dipertandingkan pada Kamis (10/11) dengan menghadirkan enam pebulu tangkis Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Pada hari pembuka, Jonatan Christie alias Jojo keluar sebagai juara setelah mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting di laga final dengan skor 25-23.

Enam pebulu tangkis dibagi menjadi dua grup dimana sang pemuncak klasemen akan berlaga di final. Jojo tergabung bersama Leong Jun Hao dari Malaysia dan Sitthikom Thammasin (Thailand) di Grup B. Di Grup A diisi Anthony Sinisuka Anthony, Chico Aura Dwi Wardoyo dan Ng Tze Yong (Malaysia).

Jojo memulai laga di grup B dengan kurang baik, ia dipaksa menyerah atas Leong Jun Hao dengan skor 23-25. Di partai terakhir pemilik medali emas Asian Games 2018 bangkit dengan mengalahkan Sitthikom Thammasin 25-16. Dengan kemenangan Sitthikom atas Leong 25-20, Jojo berhak menjadi juara grup usai menang selisih poin.

Perjalanan Anthony ke partai puncak relatif lebih mulus. Anthony sukses menyapu bersih dua kemenangan atas Chico dan Ng Tze Yong lewat skor masing-masing 25-20 dan 25-23. Sementara, pertandingan antara Chico kontra Ng Tze Yong dimenangkan Chio 25-12.

Di final, pertarungan cukup seru terjadi. Jojo yang sudah match point 24-20 sempat dikejar oleh Anthony. Anthony mengamankan tiga poin sebelum usahanya digagalkan servis yang membentur net.

Jojo pun keluar sebagai juara dan berhak atas hadiah sebesar 7,000 dolar AS, sementara Anthony mendapat 6,000 dolar AS. "Dari mini turnamen ini saya bisa belajar menjelang ke BWF World Tour FInals nanti. Terutama di fase grup, kalau menang atau kalah di pertandingan pertama, harus tetap fokus di pertandingan selanjutnya karena lengah sedikit bisa fatal," kata Jonatan.

"Pertandingan ini bagus sih karena seperti simulasi untuk ke BWF World Tour Finals nanti. Sistemnya hampir mirip dengan grup dulu baru ke fase gugur. Dengan ini salah satu persiapannya, semoga di sana nanti bisa memberikan yang terbaik," Anthony, menambahkan.

Pelatih tunggal putra Irwansyah, mengatakan anak asuhnya menampilkan permainan yang cukup oke walau kondisi belum prima sepulang dari tur Eropa. "Setelah pulang dari Eropa memang anak-anak ini masih belum prima kondisinya. Masih agak capek tapi di mini turnamen ini mereka bermain cukup oke," jelas Irwansyah.

"Ini ajang ujicoba untuk turnamen ke depan dan mereka bisa enjoy. Penonton juga menikmati jadi saya senang apalagi yang terpenting mereka tidak ada mengalami cedera," tambahnya.

BrightUp Cup 2022 akan berlanjut pada Jumat (11/11) dengan memainkan sektor ganda putra.