Bukan Hanya Teknis, Rionny Juga Soroti Kekurangan Non-teknis

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Berkaca pada pencapaian tim bulutangkis Indonesia di tiga turnamen Seri Asia 2020, pekan kemarin, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky rupanya tidak hanya menyoroti kekurangan di segi teknis, tapi juga dari sisi non-teknisnya, terutama dalam hal stamina. Sebab selain bekal teknis yang matang, menurut Rionny, menjaga motivasi saat bertanding juga menjadi salah satu modal penting yang harus dimiliki tim bulutangkis Indonesia untuk pertandingan berikutnya.

Rionny mengambil contoh ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin. Menurut dia, pasangan tersebut sangat siap, baik teknis maupun non-teknis. Makanya, tak heran bila mereka sukses menyapu bersih tiga gelar di seri Asia 2020 ini.

“Saya akui juga pemain-pemain lawan terlihat lebih siap bertanding, terutama Taiwan (Lee Yang/Wang Chi Lin) ini. Bukan hanya soal teknis (saja), tapi non-teknis juga seperti postur, tenaga, mungkin dari makanan, minuman dan nutrisinya juga lebih oke. Saya akui mereka lebih stabil di tiga kali turnamen ini bisa juara. Jadi yang harus dievaluasi bukan hanya dari sisi teknisnya saja,” ungkap Rionny Mainaky dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

“Tapi selain itu, saya rasa intinya adalah bagaimana motivasi para atletnya. Terutama motivasi untuk daya juangnya. Jadi harus kita gali lagi, apa yang bisa membuat mereka lebih semangat lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, ketika disinggung soal persiapan menuju Olimpiade Tokyo 2020, Juli 2021 mendatang, Rionny mengatakan bahwa dia sudah mulai memikirkan strategi khusus untuk persiapan para atlet yang akan ambil bagian pada kejuaraan tersebut. Terutama untuk program dan sesi latihan.

“Kalau untuk Olimpiade, memang harus benar-benar dipersiapkan. Apalagi banyak kejuaraan yang berdekatan, memang ada yang masuk poin Olimpiade ada yang tidak. Tapi untuk pemain-pemain yang akan ikut Olimpiade, nanti saya dengan pelatih-pelatih mungkin akan berikan latihan khusus tersendiri,” tandasnya.