Di Balik Duet Anyar Darren/Bernadine

Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana (Djarum Badminton)
Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Satu titel runner-up Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024 serta gelar juara Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix (PJRJIGP) 2024 diraih ganda campuran Indonesia, Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana. Lumayan, menurut Bernadine, mengenai prestasi mereka pada BAJC 2024. Padahal, keduanya dipasangkan beberapa bulan sebelumnya, hanya untuk bertanding pada kejuaraan Asia level junior tersebut.

"Kita itu dipasangkan untuk BAJC saja. Tapi mungkin karena hasilnya lumayan, jadi lebih difokuskan ke ganda campuran," tutur Bernadine kepada Djarum Badminton, ditemui di GOR Jaya Raya, Tangerang Selatan, Banten, pada pekan lalu.

Sekadar kilas balik, dalam dua pekan berturut-turut, Darren/Bernadine naik podium turnamen internasional level junior. Darren/Bernadine menjadi satu-satunya wakil Indonesia di final BAJC 2024. Namun, pada partai puncak yang digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (7/7), dua pemain spesialis ganda binaan klub PB Djarum itu gagal meredam perlawanan wakil China, Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan. Mereka kalah straight games 12-21, 13-21 dari wakil negeri tirai bambu tersebut.

Sepekan berikutnya di GOR Jaya Raya, Darren/Bernadine menjuarai PJRJIGP 2024 kategori Ganda Campuran U19. Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana, yang menempati unggulan pertama, menang atas Ignasius Eric Christian/Medina Nazwa Yanuar dengan skor 21-18, 21-16. Darren/Bernadine berhasil mencapai podium teratas turnamen level Junior International Grand Prix itu tanpa kehilangan satu gim pun.

Kedua pemain juga bermain rangkap. Namun, Darren yang juga bermain di sektor ganda putra bersama Afiq Dzakwan Arief, kandas di perempat final. Sementara, langkah Bernadine, yang berpasangan dengan Nahya Muhyifa, terhenti di semifinal.

Selepas meraih sukses pada dua turnamen tersebut, ada dua target besar pada tahun yang ingin dicapai oleh Darren/Bernadine, yaitu masuk skuad Indonesia pada BWF World Junior Championships (WJC) 2024 dan menembus pelatnas PP PBSI. "Saya masih mau coba untuk bisa tahun ini (masuk pelatnas). Dan saya masih mencoba utuk bisa bermain di WJC," tutur Bernadine, yang pada tahun lalu pernah menjajal masuk pelatnas melalui Seleksi Nasional melalui nomor ganda putri bersama Velisha Christina.

Nah, pada Selasa (16/7) siang, PP PBSI mengumumkan 22 atlet muda yang dipanggil ikut BWF WJC 2024. Di antara puluhan pebulu tangkis muda tersebut, nama Darren dan Bernadine ada pada daftar wakil "Merah Putih" di sektor ganda campuran. Melalui jejaring sosial X, induk organisasi olahraga bulu tangkis di Tanah Air itu menyatakan, "PP PBSI memanggil sejumlah atlet muda dari Perkumpulan Bulutangkis (PB) di berbagai daerah untuk mewakili tim Indonesia di BWF World Junior Championships (WJC) 2024."

"WJC 2024 akan berlangsung di Nanchang, China dengan mempertandingkan dua kategori Mixed Team Championships (Suhandinata Cup) dan Individual Championships (Eye-Level Cups). Suhandinata Cup akan bergulir pada 30 September hingga 5 Oktober dan Eye-Level Cups pada 7–13 Oktober."

"Para atlet muda yang mendapat panggilan harus sudah berada di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur pada Rabu, 17 Juli 2024. Mereka akan menjalani latihan di Pelatnas PBSI sebelum dikembalikan ke PB masing-masing pasca-WJC 2024 selesai pada 13 Oktober 2024."

Dalam hitungan beberapa bulan setelah dipadukan, Darren/Bernadine telah mewakili Indonesia pada dua turnamen internasional. Hasilnya pun "lumayan" --sebagaimana diutarakan Bernadine. Kemudian, satu dari dua target mereka telah terpenuhi. Target terakhir keduanya adalah menembus gerbang Cipayung di sektor ganda campuran. "Kita tetap berharap masuk pelatnas," tutur Darren.