Fakta Membanggakan Indonesia di Piala Thomas Uber

Nasional ‐ Created by RYN

Babak kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016 akan segera dihelat di Hyderabad, India, 15-21 Februari 2016. Indonesia akan menurunkan putra-putri terbaiknya di ajang kejuaraan beregu ini.

Tommy Sugiarto, Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, dan Rian Agung Saputri/Berry Angriawan didaulat untuk mewakili Indonesia di tim putra.

Sementara itu, Maria Febe Kusumastuti, Linda Wenifanetri, Fitriani, Hanna Ramadini, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, serta Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari menghiasi daftar nama wakil tim putri Indonesia.

Indonesia sendiri memiliki catatan sejarah membanggakan dalam perjalanan Piala Thomas dan Uber. Berikut ini rekor prestasi yang berhasil ditorehkan Indonesia:

  1. Rekor juara terbanyak di ajang Piala Thomas
    Indonesia menjadi pemegang rekor gelar juara terbanyak di ajang Piala Thomas, sejak dimulainya Piala Thomas pada tahun 1949 hingga saat ini. Total rekor yang berhasil dicatatkan Indonesia adalah 13 kali juara dan 5 kali runner up. Bahkan, Tiongkok yang kini dikenal sebagai negara adidaya bulutangkis belum mampu menyaingi rekor Indonesia. Tiongkok berada di peringkat kedua pemegang rekor terbanyak dengan perolehan 9 gelar juara dan 2 runner up.
  2. Rekor juara beruntun di ajang Piala Thomas
    Indonesia satu-satunya negara yang pernah mencetak rekor 3, 4, dan 5 kali gelar juara berturut-turut di ajang Piala Thomas. Indonesia mencetak hattrick pada tahun 1958, 1961, dan 1964. Gelar juara sempat dicuri Malaysia pada tahun 1967, namun Indonesia kembali merebut kejayaannya dengan meraih 4 gelar juara berturut-turut di tahun 1970, 1973, 1976, dan 1979. Torehan prestasi terbesar Indonesia di ajang Piala Thomas terjadi pada rentang tahun 1994-2002, tak tanggung-tanggung, 5 gelar juara beruntun berhasil digondol sang saka merah putih.
  3. Pemain pertama yang bermain terbanyak di final
    Pemain asal Indonesia Rudy Hartono merupakan pemain pertama yang sukses bermain di final Piala Thomas sebanyak 6 kali berturut-turut di antara tahun 1967-1982. Saat pertama kali mengikuti Piala Thomas, usianya pun masih sangat muda, yaitu baru 17 tahun.
  4. Salah satu dari lima negara yang pernah menjuarai Piala Uber
    Sejauh ini hanya 5 negara yang pernah menjuarai Piala Uber. Indonesia masuk ke dalam daftar berdampingan dengan Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Saat ini Indonesia menempati posisi ketiga pemegang juara Piala Uber terbanyak dengan total raihan 3 kali juara dan 7 kali runner up.
  5. Rekor Tuan Rumah Piala Thomas dan Uber
    Indonesia menjadi negara yang menjadi tuan rumah Piala Thomas dan Uber terbanyak dengan total 9 kali penyelenggaraan yang dilangsungkan di Jakarta.

Lama puasa gelar, yaitu terakhir di tahun 2002, Indonesia kembali meretas asa untuk membawa pulang Piala Thomas maupun Uber tahun ini. Dari hasil undian grup Kualifikasi, tim Piala Thomas Indonesia satu grup dengan Taiwan, Thailand, dan Maladewa. Sementara tim Piala Uber Indonesia satu grup dengan Korea dan Maladewa. Final Piala Thomas dan Uber 2016 sendiri rencananya akan digelar di Kunshan, China, 15-22 Mei 2016.