Gandeng Mola TV, PBSI Gelar Turnamen Internal

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) saat tampil pada pertandingan eksebisi Kejurnas PBSI 2019 di Palembang, Sumatera Selatan.
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) saat tampil pada pertandingan eksebisi Kejurnas PBSI 2019 di Palembang, Sumatera Selatan.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Demi mengobati kerinduan akan atmosfer kompetisi, Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menggelar mini turnamen internal yang diikuti sejumlah atlet Pelatnas dengan tajuk Mola TV PBSI Home Tournament. Mini turnamen ini akan berlangsung di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur mulai 24 Juni 2020 dengan total hadiah sebesar Rp 100 juta.

Rencananya, Mola TV PBSI Home Tournament ini akan berlangsung pada Rabu, Kamis dan Jumat di setiap pekannya. Namun, sehubungan dengan kondisi pandemi yang belum kunjung mereda, PP PBSI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan turnamen ini.

“Kejuaraan ini dilangsungkan tanpa penonton dan protokol pencegahan Covid-19 akan tetap berjalan,” ujar Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto dalam rilis yang diterbitkan PP PBSI, Senin (22/6).

Akibat pandemi, seluruh turnamen bulutangkis terpaksa berhenti untuk sementara sampai batas waktu yang ditentukan kemudian. Hal inilah yang melatarbelakangi PP PBSI untuk menggelar turnamen internal. Dengan harapan, para atlet bisa kembali merasakan atmosfer pertandingan meski dalam skala internal.

“Atlet sudah menjalani latihan cukup panjang, mulai dari latihan untuk jaga kondisi dan feel bermain, hingga latihan intensif mulai awal Juni untuk pengkondisian persiapan menuju turnamen. Tapi melihat perkembangan yang ada, sejumlah turnamen batal. Turnamen yang sudah dijadwalkan pun masih belum ada kepastian, sedangkan para pelatih melihat anak-anak sudah haus bertanding,” kata Budiharto.

“Maka kita berinisiatif untuk memberi wadah kompetisi bagi atlet dan kebetulan ada sponsor juga. Inspirasi awalnya dari tim ganda putra, lalu sektor lain pun berkeinginan timnya untuk bertanding di Home Tournament, jadi kita buat Home Tournament untuk semua sektor,” tambahnya menjelaskan.

Mola TV PBSI Home Tournament akan mempertandingkan satu sektor di setiap pekannya. Pekan ini, tepatnya pada 24 hingga 26 Juni, turnamen akan dibuka dengan pertandingan sektor ganda putra. Enam pasangan akan bertarung dengan format setengah kompetisi. Dari total hadiah Rp 100 juta, pemenang akan mendapat Rp 50 juta. Sedangkan runner up mendapat Rp 25 juta. Selebihnya akan diberikan kepada pasangan peringkat ketiga sampai keenam.

Mola TV PBSI Home Tournament akan diselenggarakan layaknya kejuaraan resmi, lengkap dengan referee, wasit, hakim servis, hakim garis, serta team match control. Dan turnamen ini akan disiarkan secara langsung, eksklusif di Mola TV sehingga dapat dinikmati para pencinta bulutangkis.

Setiap harinya, pertandingan akan dilangsungkan sebanyak dua sesi. Sesi pertama dimulai pagi hari pukul 08.30 WIB. Sedangkan sesi kedua akan berlangsung pada pukul 15.00. WIB.

 

Berikut daftar enam pasang ganda putra yang akan bertanding di Mola TV PBSI Home Tournament:

  • Kevin Sanjaya Sukamuljo/Moh. Reza Pahlevi Isfahani
  • Marcus Fernaldi Gideon/Muhammad Shohibul Fikri
  • Mohammad Ahsan/Leo Rolly Carnando
  • Hendra Setiawan/Pramudya Kusumawardana
  • Muhammad Rian Ardianto/Daniel Marthin
  • Fajar Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan