Indonesia Pemegang Pertama Trofi Juara di Asia

Trofi Juara Badminton Asia Team Championships
Nasional ‐ Created by RYN

Satu lagi fakta menarik yang berhasil ditorehkan Indonesia dari ajang kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016 di Hyderabad, India. Ternyata, Indonesia merupakan negara pertama yang menerima trofi juara kualifikasi Piala Thomas di Asia.

Trofi ini akan menjadi piala bergilir yang berhak dibawa pulang tim juara di setiap edisi kualifikasi Piala Thomas dan Uber berikutnya. Gagasan piala bergilir ini merupakan gebrakan baru yang dicetus para pengurus bulutangkis wilayah Asia mulai tahun ini.

"Ini adalah piala yang pertama kali diberikan, sejak diadakannya kualifikasi Piala Thomas & Uber Asia. Kami menyiapkan piala masing-masing untuk tim Thomas dan tim Uber," ujar Anton Subowo, Ketua Konfederasi Badminton Asia.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) itu juga menilai pelaksanaan kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016 berjalan lancar dan sukses berkat kerja keras panitia penyelenggara. Ia pun memuji perjuangan tim merah putih yang akhirnya meraih gelar juara dan memastikan diri melaju ke putaran final.

"Selamat kepada Tim Kualifikasi Piala Thomas yang telah berhasil keluar sebagai juara. Ini adalah suatu prestasi yang membanggakan bagi insan perbulutangkisan di Indonesia dan tentunya juga bagi seluruh masyarakat Indonesia. Terimakasih karena prestasi kalian telah mengharumkan nama bangsa dan mengibarkan bendera merah putih,” tutur Anton.

Selain Indonesia, tim Thomas dari negara Asia lainnya yang juga meraih tiket putaran adalah Jepang, Tiongkok, India, Korea, dan Malaysia. Sementara tim Uber Indonesia masih menunggu kepastian lolos tidaknya ke putaran final Piala Thomas dan Uber 2016 hingga tanggal 3 Maret mendatang.