Jadwal Padat Sepanjang Maret

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Djarum Badminton)
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sepanjang Maret 2023, tim bulu tangkis Indonesia dihadapkan dengan jadwal padat, menjalani sejumlah turnamen di Eropa. Para pemain pelatnas dan non-pelatnas akan terbang ke Eropa guna mengikuti German Open, All England, Swiss Open, dan Spain Masters. Begitu pun sejumlah pemain junior "Merah Putih" yang mengawali langkah awal mereka di Dutch Junior International pada Selasa (1/3) di Haarlem, Belanda. Selain itu, skuad muda pelatnas akan berlaga di China Masters pada pertengahan bulan ini.

Indonesia hanya memiliki dua wakil pada turnamen level Super 300 German Open 2023, 7-12 Maret di Mulheim, yakni ganda campuran non-pelatnas Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Skuad pelatnas "Merah Putih" memusatkan fokus pada All England 2023, 14-19 Maret.

Pada turnamen level Super 1000 tersebut, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri akan datang ke Birmingham, Inggris, dengan status sebagai juara bertahan. Selain itu, Indonesia juga menurunkan kekuatan penuh pada nomor ganda putra. Ada unggulan pertama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (3), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, serta Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan.

Di antara para ganda putra "Merah Putih" itu, "The Daddies" dan "Minions" masing-masing telah dua kali meraih gelar juara turnamen paling tua di dunia tersebut. Inilah satu-satunya turnamen yang akan diikuti "Minions" dalam lawatan tur Eropa kali ini.

Kemudian pada Swiss Open 2023, Indonesia mengirimkan 17 wakil dengan empat di antaranya menempati posisi unggulan, yakni Leo/Daniel (5) dan Bagas/Fikri (6) pada sektor ganda putra. Kemudian, ganda putriApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (2) dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (7).

Pemain tunggal putra Chico Aura Wardoyo bakal berhadapan dengan unggulan teratas Viktor Axelsen dari Denmark pada babak pertama turnamen level Super 300 ini. Kedua pemain baru satu kali bertemu yang dimenangkan oleh Axelsen.

Di Madrid, Spanyol, tempat digelarnya Spain Masters 2023, 28 Maret-2 April, skuad Indonesia dikabarkan bakal diperkuat para para pemain utama dan pelapis. Hingga kini, laman Tournament Software belum merilis hasil drawing turnamen level Super 300 ini.

Sementara pada China Masters 2023, 14-19 Maret, Indonesia hanya memiliki wakil pada sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra. Beberapa pemain muda akan berlaga di turnamen yang berlangsung di Ruichang ini, seperti  Christian Adinata, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Stephanie Widjaja atau Rahmat Hidayat/Muhammad Rayhan Nur Fadillah.