Kalahkan Unggulan Tiga, Akbar/Winny Tembus Partai Puncak

Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow mengembalikan shuttlecock.
Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow tampil begitu apik di ajang Mola TV PBSI Home Tournament. Datang sebagai non unggulan, Akbar/Winny justru berhasil menembus partai puncak lewat kemenangan rubber game, 15-21, 21-18 dan 21-11 atas Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari pada laga semifinal yang berlangsung di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (3/7).

Meski harus lebih dulu kehilangan game pertama, Akbar/Winny tak lantas menyerah dari unggulan ketiga itu. Mereka terus memberikan perlawanan dengan bermain lebih sabar.

“Kita kehilangan game pertama karena terbawa irama permainan lawan, temponya jadi lambat. Lalu kita ganti pola, main lebih sabar, dipercepat, diperlambat, lebih divariasikan saja,” jelas Akbar Bintang Cahyono dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

Akbar/Winny bisa dibilang sebagai pasangan ‘kuda hitam’. Pasalnya, selain mampu mengalahkan Rinov/Pitha, mereka juga berhasil menumbangkan pasangan unggulan kedua, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dalam permainan straight game di fase penyisihan Grup D dengan skor 22-20 dan 21-16, kemarin (2/7).

Akbar/Winny bahkan tidak menyangka bisa melaju hingga ke partai puncak. “Hasil ini di luar target,” kata Akbar.

“Hasil ini memang di luar target, awalnya kita mau juara grup dulu. Lalu di perempat final lolos dan bisa ke semifinal sudah senang. Nggak nyangka bisa menang hari ini, tapi kan Pitha kurang fit, jadi dia lagi nggak enak mainnya,” sahut Winny Oktavina Kandow menambahkan.

Lolos ke babak final Mola TV PBSI Home Tournament, Akbar/Winny akan berhadapan dengan unggulan teratas, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang sudah lebih dulu lolos berkat kemenangan 21-17 dan 21-17 atas Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso.

“Kita coba dulu, kita mau kasih penampilan terbaik. Agak susah menembus mereka, kita sering latihan bareng, mereka sama-sama kuat, kita harus lebih ngakalin dan pintar-pintar di lapangan,” tutup Akbar.