Kapolri Cup 2024 - Bermodalkan Kepercayaan Diri, Kevin Kalahkan Alvin

Kevin Maulana Pattirane (Djarum Badminton)
Kevin Maulana Pattirane (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pebulu tangkis Mutiara Cardinal, Kevin Maulana Pattirane, menjadi juara tunggal pemula putra turnamen Kapolri Cup Badminton Championship 2024. Dalam final yang berlangsung di GOR Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (27/7), atlet kelahiran 23 Januari 2010 itu naik podium teratas seusai mengalahkan Alvin Jefferson Kusuma (Jaya Raya) lewat pertarungan rubber game 21-13, 18-21, 21-15.

Pada pertandingan ini Kevin mengaku sudah mempersiapkan diri dengan maksimal sejak awal laga. Saat kehilangan fokus di gim kedua, permainan Kevin masih bisa konsisten di gim ketiga untuk akhirnya meraih kemenangan dan meraih gelar juara pada ajang Kapolri Cup 2024.

"Sangat senang karena saya bisa meraih kemenangan melawan pemain yang beberapa pekan lalu juara di level internasional. Saya senang bisa mengeluarkan bentuk permainan terbaik di laga ini dan meraih gelar juara turnamen Kapolri Cup Badminton Championship 2024," ungkap pemain asal Sidoarjo itu kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Kevin termotivasi melawan Alvin yang pada laga sebelumnya menjadi juara pada Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024. Dengan modal kepercayaan diri Kevin bisa mengatasi perlawanan Alvin untuk akhirnya meraih gelar juara. "Sejak awal saya tidak menganggap remeh lawan. Saya mencoba fokus dengan permainan saya. Semua sesuai dengan harapan saya bermain dengan strategi yang saya inginkan," ujarnya.

Dengan gelar juara pada Kapolri Cup 2024, Kevin juga berhasil melakukan revans melawan Alvin. Sebab pada pertemuan sebelumnya di final Piala Kapolda Jawa Timur, dirinya kalah. Saat itu di Surabaya, Kevin menyerah di partai puncak seusai kalah dari Alvin dengan skor 19-21, 15-21.

Pada pertandingan lainnya dari sektor ganda putra pemula, Adhwin Arling Rangga/Rhama Madsuba Praduwartha juga menjadi juara. Pasangan PB Djarum di final menumbangkan Arybka Okta Disabian/Muhammad Zilazik Artando Zakaria (Jaya Raya) dengan skor 21-15, 27-25.

Dari kategori pemula lainnya, tunggal putri, ganda campuran, dan ganda putri, partai final telah diselenggarakan pada Jumat (26/7). Untuk kategori tunggal putri, gelar menjadi milik wakil Exist Badminton Club, Riska Melani Putri yang meraih kemenangan atas rekan satu klubnya, Zaira Octavia Armi, dengan skor 21-14, 21-16.

Pada sektor ganda putri pemula, Afizzah Rahmadhani/Aura Nadin Gunawan (Jaya Raya) mengalahkan Aqelatul Amaliyah Rahma/Nur Hafidzah Afifah (PB Djarum) dengan skor 13-21, 21-18, 21-19.

Adapun sektor ganda campuran pemula, pasangan klub Jaya Raya, Muhammad Zilazik Artando Zakaria/Aura Nadin Gunawan, menjadi juara seusai mengalahkan rekan satu klubnya, Bevin Danishy Mustofa/Afizzah Rahmadhani dengan skor 14-21, 21-14, 21-12.