Meski Punya Kans Besar, Anthony Belum Mau Memikirkan Babak 16 Besar

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting (kanan) berjabat tangan dengan Kento Momota (Jepang) usai bertanding. (Foto: PP PBSI)
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting (kanan) berjabat tangan dengan Kento Momota (Jepang) usai bertanding. (Foto: PP PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tunggal putra nomor satu Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting akan berada di Grup J Olimpiade Tokyo 2020 dengan status unggulan ke lima. Pada fase penyisihan grup nanti, Anthony akan berhadapan dengan wakil Hungaria, Gergely Krausz dan Sergey Sirant dari Rusia. Di atas kertas, peluang Anthony untuk lolos ke babak 16 besar sangatlah besar. Namun, pemain nomor lima dunia itu belum mau berfikir terlalu jauh dan ingin fokus satu per satu.

Anthony tercatat belum pernah bentrok dengan Krausz dan Sirant di turnamen resmi. Tapi Anthony memang sangat diunggulkan untuk merajai Grup J. Secara peringkat, dia dengan Krausz dan Sirant terpaut cukup jauh. Krausz ada di posisi 94 dunia. Sementara Sirant menduduki peringkat 77 dunia.

“Ya tetap dari awal tidak mau lihat siapa lawannya sih, tetap fokus dan maksimal saja untuk persiapan menjelang pertandingan sama nanti pas pertandingannya,” kata Anthony Sinisuka Ginting dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

“Saya belum memikirkan (babak) 16 besar, waspada satu-satu saja dulu lawan di grup. Ini Olimpiade, semua bisa terjadi. Jangankan Olimpiade, di turnamen biasa pun sering terjadi pemain yang peringkatnya lebih rendah bisa mengalahkan unggulan,” tambahnya dengan tegas.

Lebih lanjut Anthony mengatakan, menurut dia, peta persaingan di sektor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020 nanti akan berlangsung sangat ketat dan tidak mudah. Sebab kekuatan tiap pemain di seluruh dunia saat ini sudah mulai merata. Ditambah lagi, minimnya kompetisi jelang Olimpiade, membuat Anthony cukup kesulitan untuk memperkirakan perkembangan dan kelemahan lawan.

“Persaingan di tunggal putra akan ramai. Semua merata kekuatannya. Apalagi saat sudah masuk babak gugur. Unggulan sudah bertemu unggulan. Jadi menurut saya, siapa yang lebih siap dan tidak kehilangan fokus dia yang akan menang,” tutup Anthony.