Pasangan Baru, Muka Lama

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Djarum Badminton)
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Skuad ganda putra Indonesia memiliki dua pasangan baru, yaitu Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin. Ada alasan tertentu di balik keputusan pelatih untuk menukar mereka, sebelum dua pasangan anyar "Merah Putih" ini berlaga untuk kali pertama pada Japan Open 2023, di Yokohama Kanagawa, Jepang, 20-25 Agustus.

"Iya, memang sudah keputusan untuk menukar Leo/Daniel dan Bagas/Fikri menjadi Leo/Bagas dan Fikri/Daniel. Ini menjadi bagian dari refresh di tim ganda putra," ungkap pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Aryono Miranat, melalui siaran pers Humas PP PBSI pada Jumat (12/7) malam WIB.

Saat ini, Bagas/Fikri adalah ganda putra peringkat ke-10 dunia, sementara Leo/Daniel menempati peringkat ke-15 dunia.

Aryono pun berharap, langkah ini dapat memberikan warna baru bagi skuad ganda putra Indonesia serta membuahkan prestasi di masa depan. Kedua pasangan baru tersebut dinilai dapat tampil dengan kompak dan saling mendukung satu sama lain. "Saya melihat di latihan, kedua pasangan ini juga bisa klop," katanya.

"Diharapkan dengan perubahan ini, prestasi ke depannya makin baik," Aryono, menambahkan.

Antara melaporkan, pada turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750 itu, selain Leo/Bagas dan Fikri/Daniel, telah didaftarkan juga Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Chico Aura Dwi Wardoyo, di nomor tunggal putra. Lalu, Gregoria Mariska Tunjung dan Ester Nurumi Tri Wardoyo di nomor tunggal putri.

Sementara, di laman PBSI, juga terdapat tiga pasangan non-pelatnas yang mendaftar untuk bertanding pada Japan Open 2024. Mereka adalah Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani di nomor ganda putra, serta Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Serena Kani di nomor ganda campuran.