Posisi Hafiz/Gloria Ternyata ‘Harap-harap Cemas’, Mereka Diancam Pasangan Inggris

Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. (Foto: PP PBSI)
Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. (Foto: PP PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Dengan ditundanya kejuaraan India Open 2021 BWF World Tour Super 500, ternyata tidak benar-benar membawa keuntungan buat ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dalam memastikan tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. Kondisi Hafiz/Gloria justru cukup mencemaskan, karena posisinya di peringkat kedelapan klasemen Race to Tokyo terancam digusur pasangan Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith.

Hafiz/Gloria terancam tergusur karena mereka hanya memiliki sisa dua turnamen kualifikasi Olimpiade. Yaitu, Malaysia Open 2021 BWF World Tour Super 750 (25-30 Mei) dan Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500 (1-6 Juni). Sementara Ellis/Smith masih punya satu turnamen kualifikasi tambahan dari Kejuaraan Eropa 2021 yang akan berlangsung di Kyiv, Ukraina pada 27 April hingga 2 Mei mendatang.

“Bagi Hafiz/Gloria, mereka hanya tinggal bertarung di dua turnamen kualifikasi, yaitu Malaysia dan Singapura Open. Waktu persiapan menjadi lebih panjang. Hal ini disampaikan tanpa melihat kondisi pasangan Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith yang akan bertanding di Kejuaraan Eropa 2021 (pekan depan), dimana ajang tersebut masuk dalam penghitungan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021,” tulis pernyataan resmi PP PBSI dalam siaran pers yang diterima Djarumbadminton.com.

Ini benar-benar jadi ancaman buat Hafiz/Gloria yang tengah berusaha mempertahankan posisinya supaya bisa menjadi wakil kedua Indonesia yang lolos Olimpiade Tokyo 2020. Saat ini Hafiz/Gloria berada di peringkat kedelapan klasemen Race to Tokyo dengan raihan 60,851 poin. Mereka hanya unggul 983 poin dari Ellis/Smith yang ada di peringkat sepuluh.

Andai Ellis/Smith mampu mencapai partai final di Kejuaraan Eropa 2021 nanti, poin ranking yang mereka dapatkan dari turnamen tersebut sudah sangat cukup untuk menggeser posisi Hafiz/Gloria di peringkat delapan klasemen Race to Tokyo. “Marcus Ellis/Lauren Smith setidaknya harus masuk final di Kejuaraan Eropa 2021 untuk menggeser posisi Hafiz/Gloria di peringkat delapan Race to Tokyo,” tulis PP PBSI lagi.

Kalaupun itu terjadi, bukan berarti kesempatan Hafiz/Gloria untuk lolos ke Olimpiade Tokyo tertutup. Mereka masih punya peluang untuk kembali mengejar poin di Malaysia dan Singapore Open. Hanya dengan catatan, hasil mereka harus maksimal, bahkan harus lebih baik dari pencapaian Ellis/Smith. Artinya, kesempatan masih ada untuk Hafiz/Gloria.

“Pelatih tetap dukung dan support kami terus dengan keadaan seperti kemarin. Setidaknya kami masih ada waktu untuk persiapan (Malaysia dan Singapore Open). Pokoknya jangan sampai lengah juga, karena masih ada sisa dua turnamen. Semoga semuanya dilancarakan dan dimudahkan, amin,” kata Gloria Emanuelle Widjaja kepada Djarumbadminton.com.