Tim Bulu Tangkis Berangkat Lebih Dulu ke Jepang

Hendra Setiawan dan M Ahsan melakukan pemanasan di Warming Up Hall
Hendra Setiawan dan M Ahsan melakukan pemanasan di Warming Up Hall
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia direncanakan berangkat lebih dulu ke Kumamoto, Jepang, pada Kamis (8/7), jelang pelaksanaan Olimpiade Tokyo pada 23 Juli-8 Agustus 2021. PP PBSI, selaku induk cabang olahraga bulutangkis di Tanah Air, juga memperketat perlindungan kepada para atlet yang akan berlaga di pesta olahraga dunia tersebut.

"Persiapan para pebulu tangkis menuju Tokyo memasuki tahap akhir. Tim tinggal mempersiapkan keberangkatan dan tetap berlatih di pemusatan latihan di Cipayung, Jakarta Timur," demikian ditulis harian Kompas, Rabu (30/6), mengutip pernyataan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Media PP PBSI Broto Happy.

Pada ajang olahraga internasional terbesar ini, tim bulu tangkis Indonesia diwakili Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska Tunjung, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Selain itu juga dilaporkan, sebelum keberangkatan, para pebulu tangkis dilarang keluar dari pelatnas Cipayung jika tidak ada keperluan mendesak. PBSI juga meminta karyawan PBSI yang tidak berhubungan dengan bidang pelatihan untuk tidak datang dan bekerja dari rumah.

PP PBSI telah menggelar berbagai persiapan bagi tujuh atletnya jelang Olimpiade Tokyo 2020, satu di antaranya adalah pertandingan simulasi pada 16-17 Juni 2021. Simulasi tersebut dilaksanakan, karena tak ada lagi turnamen besar internasional yang digelar Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akibat pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky berpendapat, penampilan para pebulu tangkis dalam pertandingan simulasi sudah relatif bagus, meski beberapa dinilai belum maksimal. Tim pelatih terus menempa mental para atlet sebelum berlaga di ajang multi-cabang empat tahunan itu.