(Olimpiade Rio 2016) Tontowi/Liliyana Genggam Tiket Final

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Foto: Reuters)
Olimpiade ‐ Created by RYN

Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses mengamankan tempat di partai puncak Olimpiade 2016. Ganda campuran nomor satu Indonesia itu meraih tiket final usai menaklukkan musuh bebuyutannya, Zhang Nan/Zhao Yunlei dari Tiongkok dengan dua game langsung, 21-16 dan 21-15.


Match point kemenangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir oleh @StephenBird_PhD

Di partai final, Tontowi/Liliyana akan memperebutkan medali emas Olimpiade dengan pasangan asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Sejauh ini, Tontowi/Liliyana unggul 8-1 dalam rekor pertemuan mereka dengan Chan/Goh. Pertemuan terakhir kedua pasangan ini baru saja terjadi di babak penyisihan grup C Olimpiade. Saat itu, Tontowi/Liliyana menang dua game langsung, 21-15 dan 21-11.

"Walaupun sudah pernah menang di penyisihan, tapi di partai final nanti mereka harus fokus ke lapangan saja," kata Richard Mainaky, Pelatih Ganda Campuran.

Meskipun memiliki catatan lebih baik di atas kertas, Tontowi/Liliyana tak mau takabur. Pasangan ini tak mau lengah dan ingin fokus dalam persiapan menghadapi laga final.

"Kami akan mengevaluasi dan mempelajari permainan lawan. Di Olimpiade ini apapun bisa terjadi. Kita biasanya waspada sama top rangking, tapi malah tidak waspada sama pemain yang tiba-tiba muncul. Jadi kami harus waspada dan jangan lengah. Kasih penampilan yang terbaik. Jangan takabur dan tetap fokus. Siapa yang lebih siap itu yang menang. Tinggal adu mental saja," tutur Liliyana.

“Pastinya senang lolos ke final, tapi kami tidak mau terus larut dalam kesenangan karena Malaysia juga bagus mainnya. Meskipun rekor pertemuan kami lebih baik, kami harus tetap fokus dan tidak boleh lengah. Mudah-mudahan kami bisa main lebih baik dari hari ini dan menuntaskan semuanya dengan baik," imbuhnya.

Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan pun memberikan dukungan langsung pada Tontowi/Liliyana. Ia datang dan menyaksikan langsung perjuangan atlet Indonesia di Riocentro Pavilion 4. Gita berharap, Tontowi/Liliyana dapat memberikan hadiah bagi merah putih di hari kemerdekaan Indonesia.

As I said, when they are on fire, they are unstoppable by anyone or any metric. Insya Allah, they will be on fire pada hari kemerdekaan kita,” pungkas Gita.