PBSI Seleksi Calon Penghuni Pelatnas Awal Juli

Luar Arena ‐ Created by

JAKARTA - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) tidak berapa lama lagi, atau tepatnya pada awal bulan Juli tahun 2014 mendatang akan melakukan seleksi pemain baru setelah memulangkan 13 pemain dan satu orang pelatih penghuni Pelatnas Cipayung beberapa waktu lalu.

Sebagai calon pengganti bagi 13 pemain yang dipulangkan tersebut, PBSI telah memanggil 15 pemain-pemain muda dari berbagai klub di Indonesia yang akan diseleksi untuk dibina di Pelatnas Cipayung. Satu nama lagi yang terakhir dikabarkan akan dipanggil untuk mengikuti seleksi adalah M. Cindy Sahputri, pemain ganda putri dari PB Jaya Raya Suryanaga Surabaya, Jawa Timur.

Menurut ketua umum PBSI, Gita Wirjawan, saat ini adalah saat yang tepat bagi organisasi yang dipimpinnya tersebut untuk melakukan perubahan program pembinaan prestasi secara mendasar sesuai dengan arahan kepengurusan saat ini. Hal ini dilakukan agar PBSI lebih fokus kepada program-program masa depan terkait regenerasi dan mencapai target-target PBSI di masa mendatang.

Kami berharap agar para atlet dan pelatih yang sudah dipilih sesuai dengan kebutuhan program pembinaan PBSI yang baru dapat mencapai performance index yang sudah ditetapkan PBSI. Jika performance index tersebut dapat dicapai, maka target-target yang dicanangkan PBSI juga akan tercapai,” ucap mantan peserta konvensi Capres Partai Demokrat tersebut.

Sementara itu menurut Kasubid Pelatnas PBSI, Ricky Soebagja, pemain-pemain muda yang menjadi nominasi penghuni pelatnas akan melewati tiga jenis test yaitu test fisik, test kesehatan serta psikotest. Proses seleksi akan berlangsung selama satu minggu, dimulai dari 1 Juli 2014 mendatang.

"Para pemain klub akan dipanggil per 1 Juli 2014 untuk mengikuti rangkaian test untuk masuk pelatnas. Dalam seminggu hasilnya baru bisa diumumkan," ujar Ricky.

Ricky mengatakan bahwa para pemain muda diharapkan sesegera mungkin bisa menunjukan peningkatan. Dalam dua tahun kedepan, pemain muda harus siap masuk Tim Piala Thomas dan Uber serta menjadi andalan, begitu juga untuk di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Pemain tunggal putra senior Simon Santoso juga dipastikan bakal bergabung kembali ke pelatnas. Begitu pula sang pelatih, Hendry Saputra. Keduanya masih berdiskusi dengan PBSI mengenai kapan mereka akan mulai kembali menghuni Pelatnas Cipayung. Untuk pemain-pemain yang dipulangkan akan kembali ke ke klub masing-masing usai turnamen BCA Indonesia Open Super Series Premier 2014.