Alyssa Tirtosentono, Pebulutangkis Belanda Berdarah Indonesia

Alyssa Tirtosentono
Alyssa Tirtosentono Pebulutangkis Keturunan Indonesia.
World Junior Championship ‐ Created by AH

Indonesia dan Belanda memiliki sejarah yang cukup panjang. Secara tidak langsung, hubungan antara dua negara ini menyebabkan pertukaran budaya. Tak terkecuali banyak warga negara Belanda yang memiliki garis keturunan dari orang Indonesia. Salah satunya yaitu Alyssa Tirtosentono yang berasal Belanda dan tengah bertanding pada ajang Blibli.com Yonex-Sunrise BWF World Junior Championships (WJC) 2017.

Alyssa Tirtosentono merupakan salah satu pebulutangkis yang terdaftar bersama skuat Belanda di WJC 2017. Setelah ditelusuri, nama belakang Alyssa berasal dari kakek buyutnya yang berasal dari Indonesia.

"Ayah Kakek saya berasal dari Indonesia, tapi ayah saya merupakan orang Suriname," ujar Alyssa.

Saat ditanya soal Indonesia, pebulutangkis berusia 17 tahun itu mengaku menikmati kunjungannya kali ini. "Ya, saya sangat senang berada disini. Saya seperti sedang berada di rumah. Sebelumnya saya juga sudah pernah ke Indonesia dua kali untuk berlibur," jelasnya.

Lebih lanjut, Alyssa mengaku ia mulai menekuni olahraga badminton sejak usia enam tahun. "Saya mulai bermain bulutangkis ketika saya berusia 6 tahun, dan kakek saya yang mengenalkan sekaligus mengajari saya bermain bulutangkis. Ayah dan adik saya juga bermain bulutangkis," jelas Alyssa.

Ketika ditanya soal makanan Indonesia yang menjadi favoritnya, Ini jawaban Alyssa. "Nenek saya sering memasakan saya nasi goreng, jadi saya menyukainya, selain itu saya juga suka sate," ucap Alyssa sembari tersenyum.