Indonesia Finis di Posisi Kelima, Publik Among Rogo Tetap Bergemuruh

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay
Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay. (Foto: PBSI)
World Junior Championship ‐ Created by AH

Indonesia akhirnya menyudahi rangkaian turnamen beregu campuran, Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Badminton Championships 2017 dengan finis di posisi kelima.

Hasil itu didapatkan setelah malam tadi, Jumat (13/10) tim yang diperkuat oleh skuad muda terbaik Tanah Air itu, berhasil memenangkan laga terakhir kontra India, untuk memperebutkan posisi rangking 5 dan 6, dengan skor 3-1. Meski finis di urutan kelima, namun publik yang memadati triubun penonton GOR Among Rogo tetap bergemuruh menyambut hasil akhir yang diterima oleh pebulutangkis muda tanah air ini.

Dua poin pertama berhasil diamankan junior Indonesia, melalui kemenangan Rinov Rivaldy/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay.

Sayangnya, Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang turun di partai ketiga tak berhasil membukukan kemenangannya. Mereka kalah dari Krishna Prasad Garaga/Dhruv Kapila dengan skor 22-24 dan 21-23.

Tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung pun akhirnya tampil sebagai pahlawan tim. Turun di partai keempat, Gregoria memastikan kemenangan 3-1 untuk Indonesia, setelah menekuk Aarkarshi Kashyap, 21-14 dan 21-11.

Saya merasa lawan sudah takut duluan, jadi dia nggak keluar mainnya. Sebelumnya saya juga sudah melihat permainan lawan. Terakhir liat video pertandingan dia dengan Kak Hanna (Ramadini). Di situ lawan kaya susah dimatikan, saya sudah siap capek juga. Tapi ternyata dia malah nggak keluar mainnya,” kata Gregoria.

Saya tetap bersyukur meskipun di urutan kelima. Saya dan teman-teman sudah berusaha maksimal. Mungkin tahun ini belum rejekinya Indonesia. Siapa tahun di tahun-tahun berikutnya kami bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, urutan tujuh dan delapan masing-masing diraih oleh Thailand dan Perancis. Sedangkan babak final akan mempertemukan Tiongkok dengan Malaysia. Laga puncak beregu Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017 tersebut, akan berlangsung besok (14/10) mulai pukul 13.00 WIB di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Hasil lengkap pertandingan Indonesia melawan India (3-1):

  • XD: Rinov Rivaldy/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Dhruv Kapila/Rutaparna Panda: 21-11, 21-6
  • MS: Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Kartikey Gulshan Kumar:  21-16, 22-20
  • MD: Adnan Maulana/M. Shohibul Fikri vs Krishna Prasad Garaga/Dhruv Kapila: 22-24, 21-23
  • WS: Gregoria Mariska Tunjung vs Aarkarshi Kashyap: 21-14, 21-11
  • WD: Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Rutaparna Panda/Mithula U K (tidak dimainkan)