Menanti Piala Suhandinata Kembali Ke Pangkuan

World Junior Championship ‐ Created by AH

Sejak dihelatnya ajang World Junior Badminton Championships kategori beregu campuran pada tahun 2000 di Guangzhou, Tiongkok, hingga terakhir tahun 2016 lalu di Blibao, Spanyol, belum satu kali pun tim muda Merah Putih yang menjadi wakil dari masa ke masa, mampu membawa pulang piala Suhandinata ke rumah asalnya dilahirkan, yaitu Indonesia.

Sejak dimulai pertama kalinya tahun 2000, Indonesia harus puas finis di posisi ketiga. Begitupun dua dan empat tahun berikutnya. Pada tahun 2002 dan 2004 Indonesia kembali finis di posisi ketiga. Di tiga musim itu belum ada perubahan yang mengisi podium juara. Tiongkok berhasil bertengger di posisi pertama dan Korea di posisi kedua selama tiga musim beruntun.

Pada tahun 2006, dan dimulainya menjadi gelaran satu tahunan hingga seterusnya, Indonesia harus puasa gelar hingga tahun 2012. Dan barulah pada tahun 2013 yang berlangsung di  Bangkok, Thailand, punggawa dan srikandi muda tanah air yang kala itu diperkuat oleh Kevin Sanjaya, kembali menaiki podium meskipun harus puas di posisi kedua, setelah kalah tipis 2-3 atas Korea.

Satu tahun berikutnya pada 2014 yang berlangsung di Alor Setar, Malaysia, tim beregu Indonesia kembali lolos ke final. Namun sayang, lagi-lagi mereka belum mampu membawa pulang piala Suhandinata dan harus puas finis di posisi kedua, setelah takluk 0-3 atas Tiongkok.

Ulangan final 2014 kembali terjadi di tahun 2015 yang berlangsung di Lima, Peru. Indonesia kembali harus takluk 0-3 atas Tiongkok, setelah Panji Ahmad Maulana CS tak bisa memberikan perlawanan yang  berarti untuk tim Tiongkok, yang kala itu masih diperkuat oleh Chen Qingchen.

Di tahun berikutnya pada 2016, tim Indonesia harus terhenti di perempat final usai kalah 1-3 atas Malaysia, dan akhirnya di babak penentuan ranking 5 hingga 8, Indonesia berhasil meraih kemenangan 3-0 atas India, dan menang 3-1 atas Taiwan. Hal itu membuat tim yang diperkuat Chico Aura Dwi Wardoyo finis di posisi kelima.

Lalu di tahun 2017 ini mampukah para punggawa dan srikandi muda tanah air bisa mencetak sejarah baru dengan berhasil membawa piala Suhandinata kembali ke “pangkuannya”? Berstatus tuan rumah dan juga unggulan kedua, rasanya bukan mustahil hal itu bisa terjadi.

Dukung dan saksikan secara langsung para pahlawan muda beraksi di Blibli.com BWF World Badminton Championships 2017 yang akan digelar di  GOR Among Rogo, Yogyakarta yang akan dimulai pada 9 hingga 15 Oktober untuk kategori beregu, dan 16 hingga 22 Oktober akan dilangsungkan turnamen kategori perorangan.

Berikut tim beregu campuran Indonesia di Blibli.com BWF World Badminton Championships 2017:

  • Putra
  1. Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu
  2. Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay
  3. Rinov Rivaldy
  4. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
  5. Muhammad Shohibul Fikri
  6. Ghifari Anandaffa Prihardika
  7. Adnan Maulana
  8. Rehan Naufal Kusharjanto
  • Putri
  1. Gregoria Mariska Tunjung
  2. Aurum Oktavia Winata
  3. Choirunnisa
  4. Jauza Fadhila Sugiarto
  5. Ribka Sugiarto
  6. Siti Fadia Silva Ramadhanti
  7. Agatha Imanuela
  8. Angelica Wiratama