Tiongkok Rebut Piala Suhandinata Untuk ke 12 Kali

Tim Tiongkok
Tim Tiongkok Berfoto Bersama di Podium Juara. (Foto: PBSI)
World Junior Championship ‐ Created by AH

Luar biasa, adalah kata yang patut diberikan untuk tim bulutangkis Tiongkok. Pasalnya, tak hanya bisa meraih prestasi di level senior, para pebulutangkis muda Tiongkok pun mampu mendulang prestasi yang membanggakan.

Pada ajang Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017 yang sat ini tengah berlangsung di GOR Among Rogo, Yogyakarta, baru saja sore tadi, Sabtu (14/10) tim bulutangkis junior Tiongkok berhasil merebut piala Suhandinata untuk ke 12 kalinya.

Kami sangat puas dengan hasil pertandingan hari ini, dan di partai keempat kami merasa senang karena Han bisa memenangkan laga melawan Goh, meski harus bermain tiga game,” ujar Wang Wei, kepala pelatih tim junior Tiongkok.

Ketika ditanya soal kunci keberhasilannya di turnamen beregu WJC tahun ini, Wang mengatakan jika menerapkan kedisiplinan adalah salah satu kunci keberhasilannya.

Dari setiap sesi pertandingan yang akan dihadapi, kami selalu menyiapkan dengan sebaik-baiknya. Dan yang terpenting adalah semuanya disiplin, jadi disetiap pertandingan kami bisa selalu meraih kemenangan,” ungkapnya.

Di turnamen perorangan sebetulnya lebih ke masing-masing atletnya saja. Saat ini kami masih menikmati kemenangan beregu ini. Setelah ini baru kami akan fokus menggodog lagi masing-masing atlet,” tutup Wang.

Sementara itu, Han Yue, yang menjadi penentu kemenangan Tiongkok atas Malaysia mengaku, jika tak ada kunci khusus bisa mengalahkan Goh Jin Wei.

Sebenarnya tidak ada taktik apa-apa, hanya bermain sebaik mungkin dan Goh pun tadi mainnya cukup bagus. Tadi sempat kelelahan, tetapi saya mencoba fokus dan tenang lagi hingga akhirnya bisa menang,” kata Han.

Berikut hasil final Malaysia VS Tiongkok:

  • XD: Wei Chong Man/Pearly Koong Le Tan VS Fan Qiuyue/Li Wenmei 21-12 9-21 21-17
  • MS: Jun Hao Leong VS Zhengze Gao 14-21 18-21
  • MD: Yee Jun Chang/Eng Cheong Ng VS Fan Qiuyue/Wang Chang 19-21 17-21
  • WS: Goh Jin Wei VS Han Yue 16-21 22-20 8-21
  • WD: Sueh Jeou Tan/Ee Wei Toh VS Li Wenmei/Liu Xuanxuan (Tidak Dimainkan)