BAMTC 2023 - Tanggung Jawab Semua Pemain Sama

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Dubai | Tim "Merah Putih" akan menurunkan dua tim melawan Lebanon dan Suriah pada hari pembuka Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (14/2). Atlet ganda putra Indonesia Fajar Alfian berpendapat, rotasi ini perlu dilakukan oleh tim agar semua pemain dapat tampil dan merasakan dengan atmosfer pertandingan di hari perdana. Para pemain tak hanya menyatakan siap bertanding, tapi juga siap menyumbang poin.

"Tanpa meremehkan, mumpung bertemu lawan yang di atas kertas bisa diatasi, semua pemain memang sebaiknya dimainkan dulu. Ini agar pemain dapat atmosfer dan adaptasi dengan lapangan. Saya sendiri kalau ditunjuk, tentu harus siap," ujar Fajar, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Para pemain pun mengaku siap tampil. Pemain tunggal putri, Putri Kusuma Wardani, menyebut sangat siap bila dimainkan untuk tampil di hari pertama kejuaraan. "Kalau dipercaya dimainkan, saya tentu siap. Tidak hanya siap tanding, tetapi sekalian juga siap sumbang poin," tutur Putri, usai latihan di arena pertandingan di Dubai Exhibition Centre, Senin (13/2) pagi.

Pemain yang lain pun suaranya senada. Pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo pun mengaku siap dimainkan. "Kalau ditunjuk main, saya siap saja. Persiapannya juga bagus," kata Chico.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyatakan, keputusan menurunkan dua tim diambil demi strategi dan adaptasi para pemain di Dubai Exhibition Centre. "Dengan menurunkan dua tim, pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan dan juga untuk strategi. Biar semua pemain bisa main dan mendapatkan atmosfer pertandingan," demikian Rionny.