Hylo Open 2022 - Kali Ini, Rinov/Pitha Harus Lebih Berani

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mengucapkan "alhamdulillah" ketika menceritakan perasaannya pascamemenangkan pertandingan di babak 16 besar Hylo Open 2022, Kamis (3/11). Unggulan ketujuh tersebut mengalahkan pasangan Prancis Lucas Corvée/Sharone Bauer dua gim langsung 23-21, 21-11 dalam tempo 34 menit, pada pertandingan yang berlangsung di Saarlandhalle Saarbrücken, Jerman.

"Alhamdullilah! Tentunya saya dan Mentari sangat senang bisa memenangi pertandingan di babak kedua dan lanjut ke babak perempat final," kata Rinov, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Kamis (3/11) petang WIB.

Lebih lanjut Rinov menjelaskan, pada gim pertama, keduanya masih mencoba beberapa pola permainan dan sempat hilang fokus pada poin-poin kritis. Setelah menemukan pola yang sesuai, pada gim kedua Rinov/Pitha tampil lebih yakin hingga akhirnya memenangi gim penutup tersebut dengan keunggulan yang cukup jauh.

"Kami main lebih berani dan fokus untuk tiap poinnya. Itu menjadi kunci kemenangan kami atas pasangan Prancis di babak kedua," kata Rinov.

"Gim pertama kami sempat memperlambat pergerakan. Ini mengakibatkan banyak mati sendiri dan sempat terkejar. Bersyukur, alhamdulillah bisa kembali main lebih tenang di poin-poin akhir gim pertama dan akhirnya menang. Setelah itu di gim kedua memang lebih mudah," Pitha, menimpali komentar partnernya.

Di lain sisi, Rinov mengaku sudah dapat beradaptasi dengan atmosfir pertandingan di turnamen level BWF World Tour Super 300, begitu pun dengan kondisi lapangan serta laju pergerakan kok. Pitha pun menyatakan hal hampir serupa, dengan catatan keduanya mesti meningkatkan tempo permainan pada pertandingan selanjutnya. "Hari ini kami merasa adaptasinya lebih baik dibanding kemarin. Meskipun begitu, dari segi permainan masih harus ditingkatkan lagi," katanya.

"Kecepatan pergerakan di lapangan tentu harus ditambah," Pitha, menambahkan.

Di babak delapan besar, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan Mathias Thyrri/Amalie Magelund. Kedua pasangan baru sekali berjumpa dan Rinov/Pitha unggul satu kemenangan atas ganda campuran Denmark tersebut. "Menghadapi pasangan Denmark di perempat final, tentunya kami harus lebih siap, dan akan lebih fokus. Selain itu, kami juga harus lebih yakin lagi untuk menghadapi pertandingan selanjutnya," Rinov, mengomentari persiapan jelang babak delapan besar.

"Kami ingin bermain lebih lepas dan lebih baik dari hari ini. Komunikasi juga ditingkatkan. Termasuk fokus juga harus ditambah. Dan yang pasti kami harus menjaga kondisi untuk menghadapi pertandingan yang pasti lebih berat," demikian Pitha.

Sementara, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menyusul Rinov/Pitha ke perempat final usai mengalahkan pasangan Prancis lainnya, William Villeger/Anne Tran, dua gim langsung 21-11, 21-10. "Alhamdulillah, senang rasanya bisa masuk ke babak delapan besar. Pertandingan tadi sebenarnya tidak begitu ketat soalnya saya dan Lisa terus menekan lawan biar tidak berkembang permainannya," kata Rehan, melalui keterangan pers PP PBSI, Jumat (4/11) dini hari WIB.

"Kami juga tidak banyak melakukan error. Ini sangat mendukung permainan kami dan meraih kemenangan," tambah Lisa.

Di perempat final, Rehan/Lisa akan bertemu dengan pasangan asal Denmark lainnya,
Mathias Christiansen/Alexandra Bøje. Menanggapi lawan yang diunggulkan di tempat kelima itu, Rehan menyatakan, "Kami mau main nothing to lose, mau menekan lawan duluan. Soalnya kami juga pernah kalah lawan mereka. Mau main all out saja."

"Kami harus bisa bermain lebih fokus lagi dan menjaga komunikasi di lapangan," Lisa, menambahkan.

Pada sektor ganda putra, langkah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin terhenti di babak 16 besar. Pasangan pelapis pelatnas itu kalah dari unggulan teratas asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Berikut susunan pertandingan para wakil Indonesia di babak delapan besar Hylo Open 2022, Jumat (4/11):

Lapangan 1
Mathias Thyrri/Amalie Magelund (Denmark) vs. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (7)
Jonatan Christie (6)
vs. Kidambi Srikanth (India)

Lapangan 2
Anthony Sinisuka Ginting (5)
vs. Loh Kean Yew (Singapura/4)
Mathias Christiansen/Alexandra Bøje (Denmark/5) vs. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Lapangan 3
Malvika Bansod (India) vs. Gregoria Mariska Tunjung