(Indonesia Masters) Main “Rileks”, Jonatan Pulangkan Unggulan Dua

Jonatan Christie (Indonesia). Photo: PBSI
Jonatan Christie (Indonesia). Photo: PBSI
Indonesia Masters ‐ Created by Rizki

Jakarta - Tunggal putera Indonesia Jonatan Christie sukses pulangkan unggulan dua asal Tiongkok, Shi Yuqi di babak 16 besar Daihatsu Indonesia Masters 2019. Jonatan menang straight games 22-20 21-6.

Pertandingan ini juga menjadi ulangan partai Asian Games 2018 di tempat yang sama, kala itu Jonatan sukses kandaskan Shi Yuqi  melalui drama tiga game 21-19 19-21 21-17.

Laga game pertama berlangsung dengan sangat sengit, Shi Yuqi terus memimpin perolehan angka hampir hingga unggul 17-20 atas Jonatan. Tertinggal hingga game poin tidak membuat Jonatan down, satu per satu poin diraih hingga berhasil menyamakan kedudukan 20-20. Jonatan sukses meraup 5 point terakhir sekaligus membalikan keadaan dengan unggul 22-20 atas Shi Yuqi.

Anti klimaks terjadi di game kedua, Shi Yuqi yang tidak mampu tampil maksimal berhasil dimanfaatkan oleh Jonatan dengan unggul telak 21-6.

Tadi saya bermain rileks, pengalaman kemarin saya cukup tegang di awal. Hari ini tegang tapi tidak setegang kemarin. Saya ketinggalan 7-11 sampai 17-20, di pikiran saya ya main maksimal saja, jangan pikir menang kalah dulu,” kata Jonatan setelah pertandingan.

Di luar dugaan saya bisa menang straight game, biasanya kalau ketemu Shi seringnya rubber game atau setting. Di game kedua saya juga tidak ada ekspektasi akan menang sejauh itu skornya,” tambah Jonatan.

Dukungan penonton di Istora menjadi salah satu penambah semangat Jonatan dalam menghadapi Shi pada hari ini. 

Semua pemain pasti ada rasa nervous, saya saja pemain tuan rumah juga tegang. Memang penonton hari ini luar biasa banget, stadion semua full dari atas sampai bawah. Saya senang dan bersyukur bisa punya supporter Indonesia yang sangat luar biasa. Shi adalah pemain berpengalaman, saya rasa dia tahu cara mengatasi tekanan dari supporter,” kata Jonatan.

Di babak perempat final besok (25/01), Jonatan sudah ditunggu oleh wakil India, Kidambi Srikanth. Pertemuan terakhir tercatat pada ajang Badminton Asia Championships 2018, kala itu Jonatan menang 21-17 21-17.

Sekarang saya mau fokus recovery, saya mau rileks supaya ototnya tidak tegang. Saya mau istirahat senyaman mungkin malam ini. Srikanth adalah pemain bagus, permainannya sudah kembali seperti waktu dia sering juara, mungkin pertandingan besok akan berjalan lebih lama,” pungkasnya.