Andai Konsisten, Sindhu Digadang-gadang Punya Peluang Raih Emas Olimpiade

Tunggal putri India, Pusarla V. Sindhu.
Tunggal putri India, Pusarla V. Sindhu.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Pusarla V. Sindhu disebut-sebut memiliki peluang yang cukup besar untuk meraih emas pada Olimpiade Tokyo 2020, Juli 2021 mendatang. Asalkan, tunggal putri asal India itu bisa tampil konsisten dan benar-benar memanfaatkan absennya sang juara bertahan, Carolina Marin yang terpaksa harus mundur karena mengalami cedera ACL pada lutut kirinya.

Pencinta bulutangkis India sangat yakin jika Sindhu adalah salah satu kandidat terkuat peraih emas Olimpiade. Keyakinan serupa juga diungkapkan mantan pebulutangkis tunggal putra India, Abhinn Shyam Gupta.

“Dengan mundurnya Carolina Marin dari Olimpiade, peluang Sindhu untuk memenangkan medali emas di Tokyo menjadi lebih baik, karena dia telah menjadi penantang terbesar sejak Olimpiade Rio,” kata Gupta sebagaimana dilansir Bolalob.com dari Sputnik.

Meski Sindhu telah menyampaikan rasa simpatinya atas cedera yang dialami Marin, namun Gupta mengatakan bahwa Sindhu seharusnya bisa bernafas lega dengan ketidakhadiran peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu.

“Tidak diragukan lagi, Sindhu akan merasa lega setelah mendengar berita absennya Marin, karena dia adalah salah satu pemain yang memiliki kemampuan untuk mengalahkan Sindhu, bahkan ketika dia tidak bermain dengan baik. Jadi, ini sangat bagus untuk Sindhu karena dia tidak lagi harus menghadapi Marin di Olimpiade,” tuturnya.

Sementara itu, optimisme serupa juga disampaikan salah satu pelatih India, Malvinder Dhillon. Menurut dia, setiap pemain yang berada di jajaran sepuluh besar dunia tetap memiliki peluang besar untuk ‘menggulingkan’ peringkat teratas. Apalagi di panggung Olimpiade, apa pun bisa saja terjadi tanpa diduga.

“Apakah Sindhu dapat memenangkan emas di Olimpiade atau tidak, itu tergantung pada konsistensinya. Maksud saya, jika dia dapat mempertahankan permainan tingkat tinggi untuk waktu yang lama sepanjang turnamen, maka dia bisa memenangkan emas,” ungkap Dhillon.