Asian Games 2022 - Jalan Terjal Wakil "Merah Putih" Menuju Perempat Final

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Humas PP PBSI)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Yuta Watanabe/Arisa Higashino dan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota asal Jepang, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China), serta Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), adalah pasangan-pasangan elite dunia yang bakal dihadapi para wakil Indonesia di babak 16 besar cabang olahraga bulu tangkis nomor perorangan Asian Games Hangzhou 2022. Tak satu pun wakil "Merah Putih" yang unggul dalam rekor pertemuan sebelum memasuki arena pertandingan pada Rabu (4/10).

Semisal, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi alias Ana/Tiwi, yang memetik kemenangan mudah di babak awal atas pasangan non-peringkat dunia dari Nepal, Rasila Maharjan/Anu Maya Rai. Mereka langsung bertemu Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, ganda putri andalan tuan rumah yang juga pasangan berperingkat nomor satu dunia. "Persiapan besok, kami mempelajari permainan mereka terutama di Asian Games ini. Tidak ada yang tidak mungkin bila kami mau berusaha. Kami akan berjuang sekuat tenaga, memberikan penampilan habis-habisan," tanggap Tiwi, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Selasa (3/10).

"Kami coba beradaptasi dengan atmosfer lapangan di pertandingan pertama tadi. Ini jadi bekal kami melakoni laga besok melawan Chen (Qing Chen)/Jia (Yi Fan)," tambah Ana.

Sementara, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, juga langsung bertemu pasangan kuat Yuki/Sayaka di babak 16 besar, seusai memetik kemenangan straight games atas Lui Lok Lok/Ng Wing Yung asal Hong Kong. "Kami sudah sering bertemu Yuki/Sayaka jadi sudah mengenal kekuatan masing-masing. Di sini bolanya berat jadi kami harus konsisten dan siapkan tenaga. Mau bermain apapun, berapa lama pun mesti siap," tanggap Fadia.

Ia juga mengakui, hasil undian nomor perorangan ini terbilang berat, baik bagi Apri/Fadia maupun Ana/Tiwi. "Saya, Kak Apri, Ana dan Tiwi berada di satu unit yang sama di perkampungan atlet, kami saling mendukung satu sama lain. Termasuk saat dapat undian yang tidak mudah seperti di sini," tuturnya.

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin pun punya tantangan berat dalam melampaui babak 16 besar. Mereka juga belum pernah menang atas Satwiksairaj/Chirag dalam dua perjumpaan. Namun, Leo justru menolak melongok catatan head-to-head tersebut. "Kami tidak mau terlalu memikirkan pertemuan-pertemuan sebelumnya, di sini skornya 0-0 lagi. Kami sudah belajar dari apa yang sudah terjadi, semoga diberikan kelancaran," harap Leo.

Berikut jadwal tanding para wakil Indonesia di babak 16 besar nomor perorangan Asian Games Hangzhou 2022, Rabu (4/10):

Lapangan 1

  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs. Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang/2)
  • Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang/4)

Lapangan 2

  • Pusarla V. Sindhu (India/7) vs. Putri Kusuma Wardani
  • Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China/1) vs. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India/2)

Lapangan 3

  • Anthony Sinisuka Ginting (1) vs. Jia Heng Jason Teh (Singapura)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1) vs. Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul (Thailand)
  • Goh Jin Wei (Malaysia) vs. Gregoria Mariska Tunjung (5)