BAC 2023 - Siasat Praveen/Melati Hadapi Ganda Asuhan Nova Widianto

Melati Daeva Oktavianti, Vita Marissa, & Praveen Jordan (Humas PP PBSI)
Melati Daeva Oktavianti, Vita Marissa, & Praveen Jordan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti bakal bersua wakil Malaysia Chen Tang Jie/Toh Ee Wei di babak 16 besar Badminton Asia Championship (BAC) 2023, Kamis (27/4). Kedua pasangan belum memiliki rekor pertemuan. Namun, duduk di belakang Chen/Toh adalah Nova Widianto, mantan pelatih Praveen/Melati di pelatnas PP PBSI yang kini dipercaya melatih skuad ganda campuran Malaysia.

"Lawan kami di babak 16 besar, kan, pelatihnya Oom K (Nova Widianto), sudah sangat hafal dengan kami. Jadi harus benar-benar disiapkan nanti dari teknis maupun non-teknisnya," kata Melati, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Selasa (25/4) malam WIB.

Di babak pertama BAC 2023 yang berlangsung di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Uni Emirat Arab, pasangan non-pelatnas ini menang straight games 21-17, 21-16 atas Kyohei Yamashita/Naru Shinoya. Praveen/Melati membutuhkan waktu 35 menit untuk mengakhiri perlawanan ganda campuran Jepang tersebut.

Seusai pertandingan, Praveen mengaku kondisinya kian membaik setelah menepi cukup lama untuk menjalani operasi serta pemulihan cedera pinggang. "Kondisi saya bisa dibilang semakin hari memang semakin membaik. Progresnya kelihatan naik terus dan semakin berkurang kendala pascacederanya," ungkapnya.

"Kalau awal-awal, kan, masih takut. Tapi semakin ke sini semakin nyaman," Praveen, menambahkan.

Sementara, Chen/Toh berhasil menumbangkan unggulan ketujuh dari Korea Selatan,
Kim Won Ho/Jeong Na Eun. Pasangan negeri jiran yang kini menempati peringkat 22 dunia itu, juga menang dua gim 21-14, 21-13.

Menanggapi pertandingan di babak kedua, Praveen berujar, "Mau latihan dulu untuk mempersiapkan strategi dan kondisi kami. Dan pastinya pelajari juga pola lawan lewat video."