BAC 2024 - Ginting dan Jojo Fokus pada Mental Jelang Bertanding

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Ningbo | Atlet tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mengawali upaya mempertahankan gelar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championships dengan bertemu wakil India Kidambi Srikanth di babak 32 besar BAC 2024. Sementara, Jonatan Christie alias Jojo bertemu dengan Jewel Angelo Albo, tunggal putra Filipina yang lolos babak kualifikasi Grup D.

Anthony dan Jojo bersama para pemain Indonesia lainnya menjalani sesi latihan terakhir di Practice Hall di Ningbo Olympic Sports Centre Gymnasium, Ningbo, Selasa (9/4) siang waktu setempat. Anthony dan kawan-kawan berlatih secara bergantian sekitar tiga jam.

Kedua tunggal putra andalan "Merah Putih" itu melahap porsi latihan yang diberikan oleh kepala pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Irwansyah. Latihan ini menjadi persiapan terakhir sebelum kedua pemain menjalani pertandingan babak pertama kejuaraan yang setara BWF World Tour Super 1000 tersebut.

"Puji Tuhan semua persiapan berjalan baik dan juga sudah mencoba lapangan. Tinggal mempersiapan pertandingan besok dengan berdiskusi dengan pelatih," ujar Ginting melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Di babak pembuka, Anthony berhadapan dengan Kidambi Srikanth asal India. Menurutnya, partai ini pun akan dilalui tidak dengan mudah. "Dengan Kidambi Srikanth saya juga sudah sering bertemu. Sudah tahu bagaimana pola permainannya. Rasanya lebih banyak mempersiapkan pada diri sendiri saja. Bagaimana kesiapan pikiran, badannya,  otot-ototnya. Saya nggak terlalu berpikir saya adalah juara bertahan. Semuanya kini punya peluang yang sama," jelasnya.

Dalam catatan head-to-head, Anthony unggul 4-2 atas Kidambi.

Hal senada juga disampaikan Jojo. "Persiapannya sudah oke. Tinggal dijaga kondisi fisik dan mentalnya. Kemarin memang sudah mencoba lapangan pertandingan. Tetapi tidak banyak yang bisa diambil. Cuma kondisi lapangan sendiri sepertinya tidak ada embusan angin, tetapi tidak tahu bagaimana kondisinya saat bertanding nanti," paparnya.

"Meskipun begitu, saya tetap tidak boleh lengah menghadapi pemain dari kualifikasi," demikian Jojo.