BAJC 2023 - Alwi Lolos ke Babak Delapan Besar

Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Laju pebulu tangkis Alwi Farhan belum terbendung di Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2023. Tunggal putra andalan tuan rumah ini sukses merebut tiket ke perempat final. Dalam laga yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Jumat (14/7) siang, Alwi menang dengan skor 21-9, 21-13 atas tunggal putra Thailand, Wongsup Wongsup-In. Pada laga ini Alwi mengungkapkan, lawannya tidak bisa keluar dari tekanan.

Saat juara Bangladesh Junior International Series 2021 itu menekan, wakil dari negeri gajah putih tersebut terlihat sulit mengembangkan bentuk permainan terbaiknya sehingga harus menyerah dalam tempo 26 menit. "Lawan tidak bisa keluar dari tekanan. Saya bermain lebih nyaman dari sebelumnya. Saya mencoba untuk menekan lawan terlebih dahulu," ujar runner-up Osaka International Challenge 2023 melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Pada BAJC 2023, Alwi mencoba terus menjaga motivasi dan mental bertanding supaya tidak menurun. "Pastinya saya selalu punya motivasi pengin memberikan yang terbaik dengan menjaga kondisi, dan mental bertanding sehingga performa saya terus meningkat," jelasnya.

Dengan hasil ini, Alwi melaju ke perempat final BAJC 2023. Pada babak delapan besar Alwi akan berjumpa dengan tunggal putra China, Huang Jia Min, yang pada laga sebelumnya menang melawan wakil Korea Selatan, Cho Hyeon Woo dengan skor 21-16, 21-17. "Persiapan untuk menghadapi laga nanti malam saya ingin menjaga kondisi terlebih dahulu. Setelah recovery saya mencoba untuk berjuang lagi untuk masuk semifinal," kata Alwi.

Tercatat selain Alwi pada 16 besar dua tunggal putra Indonesia lainnya yakni Prahdiska Bagas Shujiwo dan Bodhi Ratana Teja Gotama akan berjuang masuk perempat final. Pada 16 besar Bagas akan berhadapan melawan wakil Taiwan, Ma Cheng Yi. Sementara, Bodhi dijadwalkan melakoni pertandingan ketat melawan tunggal putra China, Zhang Zhi Jie.