BAJC 2023 - Menang Dramatis, Mutiara ke Empat Besar

Mutiara Ayu Puspitasari (Humas PP PBSI)
Mutiara Ayu Puspitasari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Perjuangan heroik ditunjukkan Mutiara Ayu Permatasari saat berlaga di babak delapan besar Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2023. Pemain tunggal putri kelahiran Ngawi, Jawa Timur, pada 17 Mei 2006 itu melaju ke semifinal seusai mengatasi perlawanan wakil China, Huang Lin Ran, dengan skor 17-21, 21-19, 21-19, dalam laga yang digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Jumat (14/7) malam.

Mutiara mengaku sempat tegang saat di pengujung gim ketiga. Maklum saat sudah masuk gim poin, lawan sempat mendekat menjadi 19-20. Namun, di pengujung pertandingan Mutiara bisa mengontrol permainan sehingga akhirnya menang dengan skor 21-19 dalam tempo 1 jam 12 menit setelah lawan melakukan kesalahan sendiri. Pukulan smesnya membentur net.

"Laga hari ini dramatis karena saya sempat banyak melakukan kesalahan sendiri di penghujung pertandingan. Saya sempat ceroboh saat kehilangan fokus," kata Mutiara kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Beruntung saat terakhir saat pengembalian bola tanggung, lawan tidak berhasil melakukan smash sehingga saya senang dan menyambut dengan meriah kemenangan ini," Mutiara, menambahkan.

Pada pertandingan ini Mutiara menilai sempat kesulitan bangkit saat mendapat tekanan dari lawan. Namun, dengan ketenangan yang dimilikinya, juara Indonesia International Series 2022 itu meraih kemenangan dan melaju ke semifinal.

"Saya sempat tidak konsisten di laga ini. Dalam kondisi seperti itu saya banyak berbicara dengan diri sendiri dan mencoba mengontrol emosi agar tidak melakukan kesalahan yang tidak perlu," kata atlet asal klub PB Djarum ini.

Dengan hasil ini Mutiara Ayu Puspitasari melangkah ke semifinal BAJC 2023. Pada partai empat besar Mutiara akan menghadapi Shou Qun Yu asal China, yang mengatasi permainan wakil Thailand, Sirada Roongpiboonsopit, dengan straight games 21-17, 21-16.

Menghadapi babak empat besar Mutiara Ayu Puspitasari ingin lebih fokus dalam mengontrol emosi dan menjaga pikiran agar tidak kehilangan fokus. "Masuk ke babak semifinal sekarang bukan lagi berbicara cara bermain. Sekarang saatnya lebih mengontrol emosi dan menjaga pikiran," demikian Mutiara.