BATC 2022 - Indonesia Butuh Satu Kemenangan Lagi

Leo Rolly Carnando & Daniel Marthin (Humas PP PBSI)
Leo Rolly Carnando & Daniel Marthin (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis putra dan putri indonesia mengawali Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022 dengan kemenangan serupa, 4-1, atas Hong Kong, di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Selasa (15/2) waktu setempat. Meski harus melalui laga ketat, kemenangan regu putra membuka peluang bagi Indonesia untuk memenuhi syarat tampil pada semifinal.

Kini, skuad putra "Merah Putih" menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup A, setelah Korea Selatan mengalahkan India 5-0.

Hasil dari hari pembuka kejuaraan yang merupakan babak kualifikasi Piala Thomas dan Uber ini membuat Indonesia setidaknya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menempati peringkat dua besar grup, sebagai syarat tampil pada semifinal. "Para semifinalis akan mendapat tiket ke putaran final di Bangkok, 8-15 Mei," tulis Kompas, Rabu (16/2).

"Khusus untuk tim putra Indonesia, hak mereka untuk dapat bertanding di Bangkok didapat setelah menjuarai Piala Thomas 2020 di Denmark," tulis media harian tersebut.

Meski tiket Piala Thomas sudah di tangan sebelum BATC 2022 berlangsung, kejuaraan ini dinlai sebagai wadah yang tepat untuk menguji Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan. Para pemain pelapis skuad pelatnas utama dipercaya mewakili Indonesia yang selalu juara pada BATC sebelumnya, yakni pada tahun 2016, 2018, dan 2020.

Jelang keberangkatan ke Malaysia, PP PBSI mengumumkan bakal mengirimkan skuad "Garuda Muda". Dari 20 atlet putra dan putri Indonesia yang dikirim berlaga di BATC 2022, sebagian besar merupakan pemain yang baru kali pertama bertarung di kejuaraan beregu senior.

Hanya beberapa yang pernah tampil di ajang beregu, seperti Daniel Marthin, Leo Rolly Carnando, Gregoria Mariska Tunjung, dan Putri Kusuma Wardani. Mereka pernah mendapat kepercayaan untuk memperkuat Indonesia pada Piala Thomas dan Uber 2020 di Denmark.

Sementara, kemenangan regu putri Indonesia menjadi bekal berharga untuk menembus dua besar grup. Peluang terbesar untuk menang ada pada laga melawan Kazakhstan, Rabu (16/2). Kompas juga menyebutkan, "Dengan demikian, kemenangan atas Hong Kong pun menjadi kunci bagi Indonesia ke semifinal."