BATC 2022 - Atasi Kazakhstan, Tim Putri ke Semifinal

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Para srikandi "Merah Putih" bermain lebih nyaman dalam mengatasi perlawanan Kazakhstan pada laga kedua penyisihan Grup Z Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022, di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Rabu (16/2) pagi waktu setempat. Kemenangan 5-0 ini mengantarkan regu putri Indonesia lolos ke semifinal. Sehari yang lalu, Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan menang 4-1 atas Hong Kong.

Pada laga kedua penyisihan grup, Indonesia menurunkan susunan pemain yang berbeda dengan ketika berhadapan dengan Hong Kong. Kali ini, Gregoria Mariska Tunjung dan Stephanie Widjaja diistirahatkan.

Sebagai pengganti, yang tampil adalah Putri Kusuma Wardani, Bilqis Prasista, dan Saifi Rizka Nurhidayah. Meski, Bilqis dan Saifi baru pertama kali turun bermain, mereka juga tampil baik.

"Menghadapi Kazakhstan kami menurunkan pemain yang berbeda. Ini dengan harapan semua pemain bisa merasakan atmosfer pertandingan. Secara umum, penampilan pemain-pemain yang tampil hari ini juga baik dan bisa mengeluarkan kemampuan terbaik," ujar pelatih tunggal putri pelatnas bulu tangkis Indonesia, Herli Djaenudin, lewat keterangan pers Humas PP PBSI.

Putri, Bilqis, dan Saifi, tak hanya sukses memetik kemenangan. Mereka juga mampu menyuguhkan permainan yang apik dan dapat mengeluarkan kemampuan terbaik masing-masing.

Putri mengatasi Aisha Zhumabek dengan skor 21-8 21-7. Sementara, Bilqis mengalahkan Kamila Smagulova 21-4 21-6. Kemudian, Saifi, yang tampil pada partai ketiga, tanpa kesulitan mengalahkan Nargiza Rakhmetullayeva 21-4 21-8.

Ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma memetik kemenangan perdana mereka di BATC 2022, usai mengalahkan Arina Sazonova/Aisha Zhumabek 21-3 21-5.

Kemenangan atas Kazakhstan ini membawa Indonesia merebut tiket ke semifinal.

Partai terakhir penyisihan Grup Z melawan Korea Selatan, Kamis (17/2) sore, akan menentukan siapa yang jadi juara grup.

Berikut pertandingan tim putri Indonesia melawan Kazakhstan (5-0):
Putri Kusuma Wardani vs. Aisha Zhumabek, 21-8,  21-7
Bilqis Prasista vs. Kamila Smagulova, 21-4, 21-6.
Saifi Rizka Nurhidayah vs. Nargiza Rakhmetullayeva, 21-4, 21-8.
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs. Arina Sazonova/Aisha Zhumabek, 21-3, 21-5.
Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro vs. Nargiza Rakhmetullayeva/Kamila Smagulova, 21-6, 21-5.