BATC 2022 - Bilqis Menang meski Sempat Tegang

Bilqis Prasista (Humas PP PBSI)
Bilqis Prasista (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Bilqis Prasista mengaku sempat tegang saat bertanding di partai tunggal putri kedua melawan Kazakhstan, pada penyisihan Grup Z Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022, di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Rabu (16/2) pagi waktu setempat. Padahal, putri dari mantan pemain nasional Joko Suprianto ini mampu menyelesaikan pertandingan dengan hasil memuaskan, menang atas Kamila Smagulova dua gim langsung 21-4 21-6.

"Saya sempat tegang juga karena ini pertama kali bertanding. Dari pertandingan ini saya bisa merasakan mendapatkan pengalaman berbeda dibandingkan dengan main di perseorangan," kata atlet PB Djarum ini, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

"Perlu mental yang lebih kuat main di beregu," Bilqis, menambahkan.

"Tadi tegang juga, tapi saya merasa senang pertama kali bisa membuktikan saat diberi kepercayaan turun bertanding. Yang penting tidak mau kalah saat diturunkan," kembali Bilqis mengungkapkan.

Sementara, dua tunggal putri Indonesia lainnya, Putri Kusuma Wardani dan Saifi Rizka Nurhidayah, juga meraih kemenangan telak atas lawan-lawan mereka. Tak hanya sukses memetik kemenangan, tiga tunggal putri "Merah Putih" ini juga mampu bermain lebih nyaman dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya masing-masing.

"Saya hari ini bermain lebih baik. Lebih nyaman dan tidak tegang lagi seperti kemarin lawan Hong Kong," ujar Putri, yang mengalahkan Aisha Zhumabek dengan skor 21-8 21-7.

Sementara, Saifi, yang tampil pada partai ketiga, tanpa kesulitan mengalahkan Nargiza Rakhmetullayeva 21-4 21-8.

Dalam pertandingan kedua BATC 2022, tunggal putri Indonesia menurunkan susunan pemain berbeda dengan ketika melawan Hong Kong. Gregoria Mariska Tunjung dan Stephanie Widjaja disimpan. Sebagai pengganti, yang tampil adalah Putri, Bilqis, dan Saifi. Meski Bilqis dan Saifi baru kali pertama turun bermain, mereka juga tampil baik.

Indonesia meraih kemenangan 5-0 atas Kazakhstan, sekaligus mengantarkan para srikandi "Merah Putih" ini lolos ke semifinal, setelah sehari yang lalu menang 4-1 atas Hong Kong.

Kemenangan atas Kazakhstan ini membawa Indonesia merebut tiket semifinal. Partai terakhir penyisihan Grup Z melawan Korea Selatan pada Kamis (17/2) sore, akan menentukan siapa yang jadi juara grup.