BATC 2022 - Kurang Tenang, Chico Gagal Bendung Lakhsya Sen

Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Tunggal pertama Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, menderita kekalahan pertama di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022, Jumat (18/2), di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia. Lakhsya Sen, pemain berperingkat 13 dunia, mengatasi perlawanan Chico dan berhasil memenangkan partai pembuka antara Indonesia dan India, pada laga akhir fase penyisihan Grup A.

"Tadi sih saya kurang tenang saat memimpin dan jadi buru-buru. Pada poin-poin kritis, saya kurang berani mengambil keputusan untuk mengambil dan pegang permainan depan. Padahal dari segi permainan, sudah keluar semua," kata Chico, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Lawan hari ini tampil baik dan pertahanannya juga kuat," tambah atlet kelahiran Jayapura, Papua tersebut, terkait performa lawan.

Chico tak terkalahkan pada dua partai sebelumnya melawan wakil-wakil dari Hong Kong dan Korea Selatan. Pada hari pertama, Chico menang rubber game atas Lee Cheuk Yiu 21-14 18-21 21-18. Lalu, Chico juga harus melakoni drama tiga gim sebelum menyudahi perlawan pemain Korea Selatan, JEON Hyeok Jin, 21-18 15-21 21-19.

Meski kalah, tim putra Indonesia berhasil keluar sebagai juara Grup A BATC 2022, setelah menang 3-2 atas India. Chico dan kawan-kawan tampil apik dan penuh semangat.

"Perjuangan belum berakhir. Pemain harus tetap semangat untuk menatap babak semifinal," pesan pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Aryono Miranat.

Undian semifinal akan dilakukan setelah pertandingan terakhir rampung pada malam ini. Baik di putra maupun putri, juara grup akan diundi kembali dengan runner-up grup. Besar kemungkinan, juara grup akan bertemu lawan yang sama seperti di fase grup sebelumnya atau runner-up grup lain.